Iklan Banner Sukun
Ragam

iPhone 14 Resmi Dirilis, Ini Rekomendasi iPhone Seri Lawas yang Masih Cocok di Tahun 2022

Rekomendasi Hp iPhone yang masih cocok digunakan tahun 2022. (Sumber foto: Jess Bailey Designs/pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Tak bisa dipungkiri, teknologi akan semakin berkembang dari masa ke masa, terlebih dengan penggunaan gadget yang hampir setara dengan kebutuhan primer.

Hal ini membuat banyak produk selalu meluncurkan inovasi terbarunya sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya adalah produk Apple, yang sudah populer dan memiliki banyak pengguna.

Apple secara resmi merilis ponsel terbarunya, iPhone 14 Series pada Kamis (8/9/2022). Dibanderol mulai harga Rp 11,9 juta hingga Rp 23,8 juta, iPhone 14 Series memiliki 4 model, yakni iPhone 14 “regular”, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.


Harga yang melambung tinggi mungkin membuat sebagian orang keberatan untuk membelinya, akan tetapi kalian tetap bisa memilih iPhone dengan seri lainnya.

Jangan khawatir, meski bukan keluaran terbaru, beberapa seri iPhone lainnya ini masih sangat bagus untuk dipakai di tahun 2022.

Apa saja? Berikut 5 seri iPhone yang masih cocok dipakai di tahun 2022!

1. iPhone 8 Plus

Meski sudah rilis sejak 2017, iPhone 8 Plus dianggap masih layak jika digunakan di tahun 2022 ini. Chipset yang digunakan lebih modern dari seri sebelumnya, iPhone 7 Plus, yakni A11 Bionic yang terkenal dengan performa tinggi. Kamera yang digunakan pun sudah jernih dengan flash dari hp yang tidak memantulkan cahaya.

Kerennya lagi, iPhone 8 Plus ini masih bisa mendapatkan update untuk IOS 16. Lantaran sudah tak diproduksi lagi, kalian bisa membeli iPhone 8 Plus versi bekasnya yang berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5 juta.

2. iPhone XR

Seri berikutnya yang masuk dalam daftar pilihan adalah iPhone XR, tentunya dengan prosesor yang lebih baru yakni Apple A12. Dengan prosesor tersebut, proses data dan kegiatan multitasking di hp menjadi lebih cepat dan mulus. Dari segi baterai pun masih cukup kuat, yakni dengan kapasitas 2942 mAh dan teknologi pengisian cepat sebesar 15W.

Kelebihan lainnya terlihat dari bodi yang yang lebih besar, namun dengan tampilan lebih luas lantaran tidak memiliki bezel tebal yang menjadi pembatas layarnya. Spesifikasi tersebut membuat iPhone XR sangat layak meski untuk tahun 2022.

Sayangnya, iPhone seri ini juga sudah tidak produksi lagi, kalian bisa membeli stock lama atau versi bekasnya dengan harga mula Rp 4 jutaan.

3. iPhone X

Tidak asing lagi, iPhone X memang masih kerap terlihat menjadi hp sehari-hari sebagian masyarakat. Ini tentu karena spesifikasi yang masih sangat mumpuni meski sudah rilis 5 tahun yang lalu. Layar yang digunakan merupakan Super Amoled dengan ukuran sebesar 5,8 inci, chipset yang digunakan pun Apple 11 Bionic.

Kemudian dari segi kamera yakni mengusung kamera belakang dengan 12 MP dan kamera depan 7 MP. Sayangnya, iPhone X masih dibekali daya baterai sebesar 2716 mAh, dengan pengisian sudah menggunakan teknologi Qi wireless dan fast charging.

Saat ini kalian bisa membeli ponsel ini dengan harga Rp4,8 jutaan untuk versi 64GB dan Rp6,1 jutaan untuk versi 256 GB.

4. iPhone SE 2020

iPhone SE 2020 muncul pertama kali di Indonesia pada Oktober 2020. Kala itu ponsel seri ini mendapat begitu banyak pujian lantaran kecanggihannya dan bodinya yang serupa dengan iPhone seri 8. Akan tetapi, berbeda dengan spesifikasinya yang justru mirip dengan iPhone 11 Pro, di mana Apple menggunakan chipset A13 Bionic.

iPhone SE Gen 2 ini sebenarnya merupakan adik dari iPhone SE 2016, dengan tampilan lama namun dengan performa lebih tinggi. Menggunakan ukuran 4,7 inci, layar sudah dibekali Retina HD True Tone. Kualitas kamera pun jangan diragukan, yakni 12 MP pada kamera belakang dengan FoV wide dan bukaan f/1.8. Kini, kalian bisa membeli iPhone SE 2020 dengan harga mulai Rp5 jutaan.

5. iPhone 11

Rekomendasi terakhir seri iPhone yang layak di tahun 2022 adalah iPhone 11. Secara resmi meluncur di Indonesia pada Desember 2019, iPhone 11 memiliki spesifikasi yang luar biasa, bahkan dianggap menjadi seri terbaik pada saat itu.

Kemunculan iPhone 11 ini dianggap menjadi inovasi dalam segi kamera, yang disebut-sebut sebagai ponsel lantaran tiga buah kamera belakang yang mirip dengan boba. Seenjak saat itu, banyak ponsel lain yang melakukan hal serupa demi mendapat julukan hp boba.

Spesifikasi iPhone 11 sendiri sudah sangat mumpuni untuk digunakan selama bertahun-tahun ke depan. Yakni dengan resolusi sebesar HDR10 dan Dolvy Vision. Mulai dari harga Rp 8 jutaan, kalian sudah bisa mendapatkan ponsel canggih satu ini.

Selain rekomendasi di atas, kalian juga bisa memilih iPhone seri 12 atau 13, namun tentunya dengan harga yang lebih mahal lagi. Tidak perlu gundah, jajaran iPhone di atas rasanya sudah cukup apabila hanya digunakan sebagai ponsel sehari-hari. (mnd/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar