Iklan Banner Sukun
Ragam

Inovasi Robot Pintar Besutan Xiaomi, Apa Saja Yang Bisa Dilakukan CyberDog?

Penampakan CyberDog (Foto: kanal You Tube Xiaomi)

Surabaya (beritajatim.com) – Xiaomi perusahaan teknologi asal Beijing, Tiongkok tengah memperkenalkan teknologi terbarunya. Jika biasanya Xiaomi terkenal dengan ponsel pintar, dan beberapa alat yang berhubungan ponsel. Kali ini Xiaomi membuat hal yang berbeda yaitu robot dengan bentuk mirip anjing: CyberDog.

CyberDog merupakan robot yang hadir dengan GPS sehingga teknologi yang dihadirkan memungkinkan robot ini untuk dapat ‘mengikuti’ pergerakan sang pemilik. GPS ini membantu robot berinteraksi dengan lingkungan di sekitar. Robot ini juga diklaim mampu melewati rintangan sederhana. CyberDog bisa dikontrol oleh remote control, suara dan aplikasi ponsel di smartphone Xiaomi.

Namun, karena masih dalam tahap pengembangan. Untuk saat ini, hanya ada sejumlah ponsel Xiaomi yang dapat dipakai pengguna dalam memberi perintah untuk CyberDog. Diantaranya yaitu Redmi K40 Gaming Edition, Redmi K40, Redmi K30 5G, Redmi 10X Pro, Redmi 10x, dan terakhir Mi Mix 2S.

Adapun kemampuan lainnya yaitu robot ini bisa merespon perintah suara, mengenali kata yang diucapkan, dan memahami instruksi yang diberikan. Pengguna teknologi ini dapat mengamati pergerakkan CyberDog lewat aplikasi yang terhubung di ponsel.

Sebagai tahap awal, robot CyberDog ini menjadi serangkaian dari proyek open source bagi para pengembang (developer). Artinya, pengembang dapat memprogram robot tersebut dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan mereka.

Xiaomi tidak menjelaskan secara detail apa tujuan perusahaan teknologi raksasa ini memproduksi robot CyberDog. Namun, Xiaomi menggarisbawahi bahwa robot ini memiliki sifat dan kemampuan seperti hewan peliharaan.

Jika dilihat dari tampilan, CyberDog garapan Xiomi ini sekilas mirip dengan spot yang dibuat oleh Boston Dynamics. Tidak hanya itu, kecanggihan CyberDog didukung oleh Al Jeston Xavier NX dari perusahaan Nvidia yang diklaim sebagai superkomputer Al terkecil di dunia. CyberDog juga dibekali dengan 11 sensor di tubuh, termasuk sensor sentuh dan sensor ultrasonik.

CyberDog juga memiliki sejumlah kamera yang tertanam di bagian kepala. Cyberdog dibekali lensa panorama, kamera Intel RealSense D450, LIDAR. Penggemar Xiaomi di dunia, khususnya di Indonesia harus bersabar untuk mencoba teknologi ini. Sebab, CyberDog hanya dijual dalam jumlah yang sangat terbatas yakni 1.000 unit. CyberDog sendiri ini dibanderol dengan harga 9.999 Yuan atau sekitar Rp 22,2 juta Rupiah. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar