Iklan Banner Sukun
Ragam

Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Pertama Masuk Kerja

(Foto: Fauxels, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Hari pertama kerja memang menjadi hal yang sangat penting, ini karena pada timing tersebut biasanya akan menentukan untuk hari-hari selanjutnya. Seperti halnya ketika seseorang memiliki kesan negatif pada saat awal masuk, tak ayal jika akan banyak orang nantinya yang akan menjauhi.

Ketika banyak rekan kerja yang menjauh, tentu akan sangat berdampak pada aktivitas di tempat kerja. Terlebih jika pekerjaan tersebut membutuhkan kerja tim.

Maka perlunya membangun kesan baik dan positif di hari pertama. Lantas apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika pertama kerja.

Datang tepat waktu

Di hari pertama bekerja tidak disarankan untuk datang tepat waktu atau bahkan justru terlambat. Setidaknya datanglah lebih awal.

Hal ini mungkin memang cukup sederhana. Namun, dapat memberikan kesan bahwa ada antusias dan disiplin luar biasa dalam diri seseorang yang baru pertama masuk kerja.

Salah kostum

Sebelum memasuki hari kerja usahakan menanyakan dulu bagaimana prosedur di tempat kerja, termasuk perihal kostum atau lainnya. Karena setiap perusahaan biasanya mempunyai peraturannya masing-masing, ada yang formal, semi formal, hingga bebas bersyarat.

Tak ayal jika hal ini perlu diperhatikan, bayangkan jika salah kostum di hari pertam kerja. Tentu akan memberikan kesan negatif, termasuk perihal inisiatif bertanya.

Lakukan Tiga S

Melakukan tiga S atau senyum, sapa, salam tentu sangat perlu diperhatikan oleh seseorang terlebih pada hari pertama kerja. Jika perlu konsisten senyum di awal masuk kerja, selain diniatkan untu ibadah juga sekaligus dapat memberikan kesan positif di mata partner maupun atasan. Pastikan juga senyum tersebut tulus bukan fake.

Jangan malu untuk bertanya

Satu hal yang paling sering dialami oleh para pekerja baru yakni kerap malu untuk bertanya. Biasanya hal ini dikarenakan perasaan takut dianggap tidak kompeten di bidang yang di lamar atau sebagainya. Padahal bagi pegawai baru, bertanya merupakan hal yang wajar.

Jangan pulang tepat waktu

Pada hari pertama kerja, usahakan tidak pulang tepat waktu. Bisa meluangkan waktu untuk mengobrol bersama rekan kerja perihal kondisi pekerjaan sehari-hari atau bahkan sekadar menjalin hubungan baik antar karyawan. Jadi, tidak perlu buru-buru untuk pulang. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar