Iklan Banner Sukun
Ragam

Ini Manfaat Konsumsi Jus Seledri Bagi Kesehatan

(Foto: Alex Lvrs, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Seledri memanglebih dikenal sebagai salah satu bahan sayuran. Ia biasa digunakan sebagai penyedap makanan. Aromanya yang pekat dan gurih membaut tanaman ini digemari sebagai bahan sayur.

Namun, seledri juga bisa dijadikan sebagai minuman sehat. Sebab, ia kaya kan serat dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ketika dijadikan minuman herbal.

Hal ini karena terdapat kandungan baik di dalam seledri, seperti, vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, fosfor, kalium, hingga zat besi. Seledri juga kaya akan senyawa antioksidan dan kandungan air yang cukup tinggi.

Seledri pun dipercaya mampu membuat kulit tampak bercahaya. Berikut ini, beberapa penjelasan dokter mengenai manfaat mengonsumsi jus seledri bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Menurunkan tekanan darah

Dalam penelitian ditunjukkan bahwa biji seledri mengandung ekstrak yang bersifat antihipertensi. Seledri juga mengandung phytochemical yang dapat melemaskan jaringan dinding arteri. Hal inilah kemudian yang dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, bahkan juga membantu menurunkan tekanan darah.

Melindungi dari efek kemoterapi

Komponen aktif dalam seledri setidaknya dapat membantu mengubah efek dari obat-obatan tertentu menjadi lebih positif, terlebih pada obat yang kerap digunakan pada seseorang yang telah menjalani kemoterapi. Selain itu sayuran hijau ini juga untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

Mencegah penyakit kronis

Seledri menjadi salah satu sumber utama flavonoid, yang disempurnakan dengan kandungan-kandungan baik lainnya. Tak ayal jika meminum jus seledri tanpa tambahan pemanis juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit kronis, seperti kanker, jantung, dan lain sebagainya.

Meminimalisir stres oksidatif

Penelitian lain menemukan bahwa ekstrak flavonoid pada seledri dapat meminimalisir stres oksidatif. Jenis stres yang satu ini biasanya disebabkan oleh insektisida.

Anti inflamasi

Flavonoid pada seledri juga terbukti memiliki kandungan anti inflamasi. Bahkan disebutkan bahwa jus seledri merupakan cara yang efektif untuk mengonsumsi flavonoid.

Minuman diet

Satu gelas jus seledri hanya mengandung sekitar 40 kalori, tak ayal banyak orang yang menjalani program diet mengonsumsi minuman hijau ini. Terlebih jika mengonsumsinya tanpa tambahan gula. Bahkan, rutin mengonsumsi jus seledri dalam beberapa hari saja dipercaya dapat menurunkan berat badan hingga tiga kilogram. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar