Ragam

Ini Kesalahan Anak Muda Yang Dapat Menganggu Masa Depannya

Ilustrasi kesalahan anak muda yang gemar rebahan (Foto: daniyal ghanavati, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Masa-masa muda memang harusnya digunakan untuk memperbanyak ilmu, pengalaman, dan relasi. Terlebih bagi mereka yang memang sudah mempunyai tujuan hidup untuk maju dan sukses ke depannya. Karena tiga hal tersebut menjadi dasar yang sangat penting untuk dapat mencapai titik yang diinginkan.

Meski begitu tak sedikit anak muda yang kerap mengabaikan hal-hal sederhana, dan tanpa disadari itulah yang bisa menjadi sebuah kesalahan terbesarnya. Berikut beberapa kesalahan anak muda yang dapat mengganggu masa depannya, di antaranya;

Menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan memang identik dengan hal yang negatif. Kerap menunda pekerjaan mungkin sama halnya dengan menunda sebuah pencapaian. Karena tidak ada yang pernah tahu, usaha mana yang bisa mengantarkan seseorang pada kesuksesan.

Menunda pekerjaan bisa saja dikonotasikan sebagai sesuatu yang positif dan baik, ketika memang penundaan tersebut dilakukan untuk mengerjakan sesuatu yang lebih penting. Bisa juga karena ingin menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu.

Kerap rebahan

Jika sebagian orang lebih memilih memperbanyak aktivitas positif, sebagian orang lainnya mungkin lebih memilih untuk rebahan saja. Padahal rebahan yang berlebihan justru akan merugikan diri sendiri. Terlebih jika waktu untuk rebahan tidak dimanfaatkan untuk mengerjakan sesuatu yang bernilai.

Untuk menjadi sukses tentu seseorang harus berani lelah dan mengambil risiko. Namun, apa jadinya jika hanya duduk bersantai atau tidur-tiduran tanpa menghasilkan apapun. Hal itu akan memperburuk diri sendiri, terlebih di masa depan.

Begadang

Seperti lagu Roma irama, yang dalam liriknya disebutkan jangan begadang jika tiada artinya. Untuk anak muda, melakukan aktivitas di malam hari ini mungkin sudah menjadi hal lumrah bagi para anak muda.

Hampir sama dengan rebahan, begadang sebaiknya dihindari. Terlebih jika tidak memberikan manfaat dan menghasilkan. Begadang yang disarankan ialah untuk tuntutan pekerjaan dan sejenisnya. Selain alasan tersebut, sebaiknya dihindari.

Enggan menerima kritik dan saran

Tak jarang juga para anak muda ini abai dengan kritik dan saran dari seseorang. Mungkin hal ini juga dipengaruhi oleh pola pikir yang masih ingin mencoba hal-hal baru dan melakukan apa pun yang hanya mereka sukai. Tak ayal jika terlepas dari itu, mereka seolah enggan menerima penolakan atas apa yang mereka lakukan.

Padahal dari kritik dan saran ini setidaknya bisa memperbaiki apa yang mereka minati. Hal tersebut tentu juga bisa memperluas wawasan hingga membuat pemikiran mereka berkembang.

Enggan belajar

Selain enggan terhadap kritik dan saran, sebagian anak muda terkadang juga tidak berminat untuk belajar dan menambah wawasan mereka tentang berbagai hal. Mulai dari yang diminati ataupun di luar itu.

Mereka cenderung mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan permasalahannya, tanpa mau belajar. Seperti halnya mereka yang lebih memilih menyontek daripada mencoba membaca dan memahami materinya.

Kerap membentak orang tua

Entah karena pergaulan atau memang karena sifatnya yang demikian, tak sedikit anak muda yang kerap memperlakukan orang tuanya dengan tidak sopan. Bahkan, tak segan untuk membentaknya ketika ada sesuatu yang menurutnya salah.

Anak muda yang seperti ini tentu sulit untuk mencapai kesuksesan, karena sukses tidak hanya dari apa yang ada di dalam otak, namun juga bisa dipengaruhi dari attitude. (Fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar