Iklan Banner Sukun
Ragam

Ingin Terbebas Dari Jerat Hutang? Terapkan Prinsip Hidup Berikut

(Foto: Rupixen Com, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pada dasarnya, kebanyakan orang bisa hidup tanpa harus memiliki hutang. Namun, jika harus memiliki hutang, usahakan jangan terlalu banyak. Ada beberapa prinsip yang bisa Anda lakukan agar bisa hidup tanpa beban hutang, atau terbebas dari jerat hutang yang tidak ada habisnya. Sebagaimana lagu Rhoma Irama, hutang itu ibarat gali lobang tutup lobang, jadi sebaiknya hindari hutang yang terlalu banyak.

Berhutang hanya saat butuh dan sanggup untuk memenuhinya

Prinsip ini penting Anda terapkan agar hidup bisa terbebas dari jeratan utang piutang. Anda semestinya berhutang pada orang hanya saat genting dan benar-benar butuh. Saat berhutang pastikan juga itu sesuai dengan kemampuan agar bisa melunasinya.

Agar bisa bertanggung jawab pada hutang Anda bisa menghindari itu agar tidak jadi kebiasaan. Intinya saat berhutang tidak digunakan untuk berfoya-foya.

Terapkan gaya hidup sederhana

Jangan mudah tergiur dengan hidup yang mewah dari orang lain, cukup berfokus pada hidup Anda dan syukuri apa yang sudah dimiliki. Dengan cara ini, hidup Anda pun terasa santai untuk dijalani, mencukupi segala kebutuhan sebatas kemampuanmu sendiri dan tidak bermewah-mewahan. Karena jarang sekali ada orang yang gaya hidupnya sederhana terkena jeratan utang piutang.

Hidup apa adanya dan tidak gengsian

Anda bisa menerapkan prinsip untuk tidak menjadi orang yang gengsian. Sebab ada banyak sekali orang yang hidupnya terlilit banyak hutang akibat menuruti gengsi. Entah itu gengsi dirinya sendiri atau gengsi di dalam pergaulan dan lingkungan sosialnya. Maka dari itu sangat penting untuk memilih lingkungan yang sesuai denganmu, agar bisa hidup dengan apa adanya dan tidak gengsian terhadap standar yang ditetapkan orang-orang sekitar.

Jauhi segala macam kredit

Selanjut, Anda perlu untuk menjauhi segala macam kredit. Karena kredit merupakan hutang yang bisa berkepanjangan sehingga membuat hidupmu susah. Biasakan untuk membeli barang atau memenuhi kebutuhan hidup sebatas uang yang Anda miliki saja. Jangan mudah tergiur pada kredit karena harus mencicil. Baik itu kredit pakaian, kendaraan, rumah, atau apapun yang kiranya kamu sendiri kesulitan membayarnya.

Kelola uang dengan bijak

Setelah menerapkan semua prinsip itu, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan mengelola uang secara bijak. Karena pengelolaan finansial yang bijak merupakan syarat utama agar hidupmu tertata dengan baik. Selain itu jika Anda sendiri tahu bagaimana mengatur uang dengan baik tentu tidak akan tertarik untuk berhutang. Dengan kata lain hidup Anda pun jadi bebas dari jeratan utang piutang.

Sebenarnya Anda bisa terbebas dari jerat hutang, hanya tinggal mengubah cara hidup. Di samping itu, Anda harus menahan nafsu, ambisi, dan banyak bersyukur. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar