Iklan Banner Sukun
Ragam

Ingin Menikmati Kopi Sehat, Begini Cara Membuatnya

(Foto: Katrin Hauf, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kopi dan teh, memang sudah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat di Indoneisa. Kedua minuman ini menjadi hidangan yang hampir selalu disuguhkan ketika menerima tamu. Juga menjadi teman ketika hendak menghabiskan hari bersama teman atau sudara dengan mengopbrol bersama.

Ternyata, selain memberikan sensasi relaksasi dan menyuntikkan kafein, kedua minuman ini juga memiliki manfaat lain. Meminum teh hangat dan kopi di pagi hari dipercaya dapat membantu menangkal sejumlah penyakit seperti diabetes tipe-2, kanker usus besar dan payudara.

Namun, Untuk memaksimalkan merasakan kenikmatan secangkir kopi dan memberikan efek yang sehat, melainkan bukan seperti maag kambuh, pusing, dan sebagainya. Berikut ini ada 5 tips yang bisa membuat kopi Anda sehat dan aman dinikmati saat pagi hari. Simak selengkapnya.

Minum Air Putih Dahulu

Penelitian telah menunjukkan bahwa meskipun kafein adalah diuretik (artinya memicu kehilangan cairan), tubuh akan menyesuaikan diri dengan asupan kafein yang konsisten, yang menghilangkan efek dehidrasi. Namun, banyak orang yang memulai hari dengan mengonsumsi kopi mendapati bahwa mereka tidak cukup minum air putih dipagi hari.

Jangan Gunakan Pemanis Buatan

penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan memacu hasrat, dan terkait dengan peningkatan risiko obesitas , penyakit jantung, dan diabetes tipe-2. Namun Jika Anda seorang fanatik gula palsu mulailah untuk menyesesuaikan kopi tanpa pemanis, atau gunakan sedikit gula asli.

Gunakan Susu Nabati

Sebagai alternatif untuk membuat kopi susu cobalah menggunakan susu dan krimer yang terbuat dari tumbuhan seperti almond, kelapa, dan lainnya. Karena dipercaya bisa jauh lebih rendah kalori daripada krimer tradisional, dan juga sering diproduksi dengan bahan-bahan alami. Jika Anda lebih suka versi kopi dengan berbagai rasa atau manis, periksa juga kandungan gram gula di kemasan, karena Empat gram gula sama dengan satu sendok teh.

Tambahkan Kayu Manis, Atau Bumbu Lainnya

Salah satu trik terbaik untuk mengurangi asupan gula Anda adalah dengan menggunakan rempah-rempah yang memiliki rasa manis, seperti kayu manis, jahe, dll. Selain meningkatkan rasa dan aroma, rempah-rempah juga mampu dipercaya dapat meningkatkan asupan antioksidan Anda.

Cobalah Mengonsumsi Kopi Sebelum Tidur Siang

Jika Anda menikmati secangkir kopi sebelum tidur siang selama 20-30 menit , Anda mungkin bangun dengan perasaan lebih berenergi. nah itulah cara membuat dan menikmati kopi yang sehat, dengan aman Anda bisa menikmati kopi untuk memulai pagi hari Anda untuk berkegiatan atau bekerja. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar