Iklan Banner Sukun
Ragam

Ingin Mendaki Gunung? Pehatikan dan Cek Kembali Hal-Hal Berikut

(Foto: Dziana Hasanbekava, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Mendaki gunung merupakan hal yang digemari oleh banyak orang. Tak hanya untuk mensyukuri keagungan Tuhan, aktivitas fisik yang menantang ini bisa menjadi sarana untuk melepas penat akibat rutinitas sehari-hari. Kegiatan ini memang dapat memberikan efek relaksasi dan meredakan stres sehingga bisa membuat kita lebih bahagia.

Meskipun perjalanan yang dilalui tidak mudah, naik turun, bahkan membutuhkan waktu berhari-hari, keindahan di puncak sama akan membayar semua rasa lelah. Bagi mereka yang sudah terbiasa, mendaki mungkin hal mudah, namun bagi pemula, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan kalian lancar.

1. Cari informasi tentang tujuan

Sebelum memutuskan untuk mendaki, tentu kalian harus memilih gunung yang akan dituju. Lalu cari tahu seputar gunung tersebu, seperti ketinggian puncang, track, suhu, letak mata air, dana lama perjalanan. Jika kalian masih pemula, usahakan untuk mencari gunung dengan rute perjalanan yang mudah, juga dengan waktu perjalanan yang lebih singkat.

2. Cek cuaca

Sangat penting untuk mengetahui seperti apa cuaca di lokasi pendakian. Hal ini agar kalian bisa mempersiapkan dan mengubah rencana jika diperlukan. Kalian bisa memeriksa cuaca di lokasi melalui ramalan cuaca atau bertanya kepada penjaga pos pendakian atau pengawas di lokasi tersebut.

3. Siapkan fisik dan mental

Kegiatan mendaki gunung tentu saja akan menguras tenaga kalian. Jalanan yang terjal dan banyak rintangan akan membuat kalian cepat lelah dan mengalami kram. Ditambah lagi dengan barang bawaan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebelum mendaki, usahakan untuk rutin melakukan kegiatan fisik atau olahraga. Misalnya lari setiap sore atau work out lainnya.

Tak hanya itu, mendaki gunung juga akan membuat mental kalian menjadi tidak stabil. Perjalanan yang berhari-hari bisa membuat emosi meledak dan tak karuan. Usahakan untuk terus berpikir positif, bayangkan tujuan kalian ada di depan mata.

4. Persiapan perlengkapan

Sebelum mulai mempersiapkan semuanya, alangkah baiknya untuk membuat daftar kira kira apa saja yang akan kalian bawa. Pastikan tidak ada barang yang tertinggal dari daftar list, seperti jaket, tenda, alat penerangan, sleeping bag, dan masih banyak lagi. Baru setelahnya, persiapkan perlengkapan dengN menandai daftar yang sudah terpenuhi, sehingga diharap tidak ada yang terlewatkan.

5. Atur perbekalan

Daftar perbekalan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Apa saja yang akan kalian konsumsi selama di sana. Usahakan agar tidak terlalu mepet dan dilebihkan, meski berencana hanya empat hari, siapkan makanan untuk lima hari kedepan, antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, kita harus bisa mengatur agar tidak terlalu boros dan tidak terlalu hemat.

6. Kabari keluarga

Beberapa orang memilih untuk mendaki secara diam-diam karena takut tidak diperbolehkan, hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Ada baiknya untuk pamit dan memberi kabar kepada keluarga. Beri informasi kapan keberangkatan, berapa lama, dan siapa saja yang pergi bersama kalian. Bahkan beritahu gunung yang menjadi lokasi pendakian, karena jika terjadi sesuatu, keluarga akan mengetahui dengan cepat dan bisa segera mencari bantuan.

Mendaki gunung memang bukan liburan biasa yang mudah, ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Mengingat begitu banyak kasus hilangnya pendaki saat dalam perjalanan. Namun jangan khawatir, jika pendakian dilakukan dengan benar dan persiapan sudah sempurna, maka perjalanan akan lancar hingga tujuan. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta perlindungan kepada Tuhan. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar