Iklan Banner Sukun
Ragam

Ingin Membaca Lebih Banyak Buku? Ini Tipsnya!

Ilustrasi suka membaca (foto : unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dari membantu berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh hingga menghibur dengan berbagai video lucu yang viral, media sosial tentu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari kita.

Akan tetapi, menghabiskan setiap waktu luang yang kita miliki dengan mengakses media sosial dapat menghalangi salah satu resolusi yang mungkin kita miliki di tahun 2021, seperti membaca lebih banyak buku.

Setiap kebiasaan memiliki pola psikologi yang mirip, sehingga mengganti kebiasaan buruk yang kita miliki dengan kebiasaan baik biasanya lebih mudah daripada memulai kebiasaan baru.

Dengan kata lain, daripada berusaha untuk membuat membaca sebagai kebiasaan baru, kita bisa melatih diri kita untuk mengganti membuka media sosial yang biasa kita lakukan berkali-kali dalam sehari menjadi membuka buku.

Untuk dapat melakukan hal ini kita perlu myakinkan diri bahwa membaca buku tidak harus menjadi sebuah komitmen yang memakan banyak waktu, dan mungkin kita lebih mampu untuk membaca buku sedikit demi sedikit.

Sebagai contoh, di tahun 2019, Perpustakaan Umum New York membantu mendemonstrasikan kebiasaan ini dengan sebuah program yang diberi nama ‘Insta Novels’, dimana mereka mengunggah novel seperti ‘Alice in Wonderland’ karya Lewis Carroll dan ‘A Christmas Carol’ karya Charles Dickens dengan menggunakan fitur story di Instagram mereka, dan lebih dari 300.000 pembaca berpartisipasi dalam program ini.

Kita juga harus sadar akan hal-hal apa yang biasa memicu kita membuka media sosial yang kita miliki, bisa jadi rasa bosan atau kecemasan, dan berusaha untuk mengalihkan hal tersebut dengan membuka buku terdekat.

Hal ini bisa dilakukan dengan menata aplikasi yang kita miliki di ponsel kita dengan meletakkan aplikasi membaca atau buku di bagian yang sering kita akses dan meletakkan aplikasi media sosial kita ke bagian yang lebih tersembunyi. Atau kita juga bisa membeli buku yang kecil dan mudah di bawa ke mana-mana sehingga akan mudah untuk kita mengakses buku yang ingin kita baca.

Dengan melakukan hal-hal yang disebutkan di atas, lama-kelamaan kita akan terbiasa untuk membentuk kebiasaan membaca buku. [dwp/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar