Iklan Banner Sukun
Ragam

Ingin Investasi? Kenali Jenis dan Keuntungannya

(Foto: Tierra Mallorca, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika anda memiliki sejumlah uang yang hanya diam di rekening bank, ada baiknya uang tersebut digunakan untuk investasi. Salah satu tujuannya adalah agar bisa memberikan passive income. Apalagi, sudah ada banyak media investasi yang bisa anda coba saat ini.

Apalagi, jika anda menentukan investasi yang tepat, bisa menjadi tabungan yang potensial untuk hari depan. Selain itu, dengan melakukan investasi bisa mengamankan keuangan jika sewaktu-waktu butuh secara mendadak.

Saat berinvestasi sebaiknya tidak sembarangan memilih jenisnya. Harus perhatian pada kadar dan keuntungan yang akan diperoleh. Beberapa jenis investasi berikut ini bisa jadi opsi agar menguntungkan.

1. Emas

Emas tergolong pada investasi yang sangat aman. Emas juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan banyak karena harga emas yang cenderung naik tiap tahun. Untuk berinvestasi dengan emas, bisa dimulai dengan yang harga rendah seperti emas antam atau perhiasan.

2. Deposito

Deposito merupakan jenis investasi di bank dengan jangka waktu yang lama dan suku bunga tertentu. Memiliki deposito di bank akan menjadi keuntungan tersendiri karena semakin tinggi tabungan bunga yang diperoleh semakin banyak. Deposito bisa menjadi dana jaminan untuk digunakan saat usia senja.

3. Reksa Dana

Jika hendak berinvestasi melalui reksa dana maka akan ada manajer investasi yang membantu mengelola reksa dana. Reksa dana milik pengguna pun bisa mendatangkan keuntungan dengan jumlah cukup tinggi. Dengan investasi reksa dana bisa menjadi passive income jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

4. Saham

Saham merupakan sejumlah uang yang ditanam seseorang pada sebuah perusahaan atau bank. Saham ini memungkinkan pemilik mendapat bagian keuntungan dari perusahaan terkait, sehingga dana yang ditanamkan bisa terus menghasilkan dengan sendirinya.

5. Properti

Sudah bukan rahasia lagi jika properti merupakan salah satu jenis investasi terbaik saat ini. Hal itu karena properti akan terus-menerus mengalami kenaikan setiap tahun dan tidak pernah lekang oleh waktu.

Berinvestasi melalui properti yang cukup mudah bisa dimulai dengan kepemilikan tanah atau bangunan tertentu. Meski harus menunggu dengan durasi lama, investasi properti akan cukup efektif digunakan saat sudah pensiun dari pekerjaan utama.

Melakukan investasi berarti menabung dengan cakupan jangka panjang. Selagi masih memiliki pendapatan aktif, sebaiknya lakukan investasi sebanyak mungkin sebagai dana cadangan. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar