Iklan Banner Sukun
Ragam

Ingin Hidup Lebih Produktif? 6 Cara Me Time Ini Bisa Jadi Solusi

Ilustrasi me time yang membuat hidupmu bisa lebih produktif. (Leon Seierlen, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Ketika lelah dengan segala hal yang menyita pikiran dan perasaan, pasti Anda butuh untuk me time. Tugas yang menumpuk, skripsi yang bolak-balik revisi, pekerjaan rumah atau masalah percintaan kadang menyebabkan kepadatan tersendiri.

Ketika melakukan me time biasanya akan membuat hati dan pikiran lebih nyaman. Memang banyak cara untuk me-time. Seperti, me time dengan masak bersama kawan, nongkrong di warung kopi, kafe. Namun, dengan adanya pandemi, waktu me time bisa disesuaikan dengan diri sendiri.

Misalnya saja dengan bangun di pagi hari. Nonton film streaming atau konten ulasan isu terkini. Tujuan me time yang mesti diperhatikan, secara esensi sebenarnya untuk rehat sejenak untuk memulihkan energi psikis Anda sehingga dapat produktif (berkarya) kembali.

Anda membutuhkannya, saat merasa benar-benar tertekan (stres) dengan keadaan, pekerjaan, dan ragam situasi. Dilansir dari daily mail berikut ini cara me time secara rutin dan efektif agar hidup semakin produktif.

Bangun pagi

Ketika bangun pagi, berikan waktu 5 menit untuk bernapas dengan benar. Caranya, tarik nafas dalam-dalam dan panjang, lalu hembuskan perlahan-lahan. Lakukan ini sebanyak 5-7 hitungan.

Berterima kasih pada pencipta (bersyukur)

Jangan lupa ucapkan terima kasih pada Sang Pencipta untuk napas pada pagi ini. Hal yang sama bisa diulangi saat Anda pulang bekerja atau pada malam hari menjelang tidur.

Olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan 20-30 menit setiap hari. Hal ini untuk menjaga kebugaran diri agar tetap sehat. Selain itu juga untuk melemaskan otot yang mungkin kencang karena bekerja.

Alokasikan waktu selama 30 menit tanpa gawai

Keberadaan gawai meski penting terkadang mengganggu. Agar hidup Anda tenang coba lakukan cara ini sesekali. Alokasikan waktu 2-3 jam setiap akhir pekan melakukan aktivitas yang menyenangkan (hobi).

Lakukan hobi Anda di akhir pekan. Jangan terus bekerja agar tidak merasa mudah lelah dengan segala aktivitas yang ada.

Refleksi diri

Setelah seharian penuh beraktivitas, luangkan waktu dengan refleksi diri, mengingat kembali pengalaman menyenangkan yang sudah dialami.

Jangan lupa juga untuk mengambil pembelajaran yang sudah dirasakan sepanjang hari ini. Me-time akan membuat pikiran yang penat kembali fresh. Anda perlu melakukan hal itu agar tidak mudah stress. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar