Iklan Banner Sukun
Ragam

HUT ke-77 RI, Pemerintah Bakal Gelar Pameran di Gedung Sarinah

Konferensi Pers Bulan Kemerdekaan Tahun 2022. (YouTube, Sekretariat Presiden)

Surabaya (beritajatim.com) – Gelaran tahunan untuk memperingati HUT RI ke-77 ini akan semakin semarak. Pasalnya, pemerintah telah menyiapkan berbagai agenda. Salah-satunya, diadakannya pameran mobil antik dan dokumen arsip kepresiden di Gedung Sarinah.

Pameran tersebut akan digelar mulai tanggal 13-22 Agustus. Tak hanya mobil Presiden Joko Widodo yang bakal dipamerkan, mobil bersejarah dari keenam presiden terdahulu juga ikut dipamerkan. Yakni, mobil milik Ir. Sukarno, Suharto, Ir. Bacharuddin Jusuf Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarno Putri dan Susilo Bambang Yudoyono.

Ini akan menarik, sebab setiap presiden melewati era masa otomotif yang berbeda. Begitu juga dengan tipe kendaraan yang ia kenakan. Setiap mobil yang dikenakan pada masing-masing masa presiden dapat memberi gambaran akan nuansa Indonesia kala itu.

Tak hanya melihat, masyarakat juga bisa mengabadikan momen bersama jajaran mobil klasik sekaligus bersejarah tersebut. Ini bisa jadi wisata edukasi singkat, bagi anak-anak juga para muda-mudi saat ini.

Selain mobil, pemerintah juga akan memamerkan arsip kepresidenan, baik berupa foto, video, juga dokumen cetak. Semua arsip tersebut, berisi tentang gambaran presiden dalam menjawab persoalan pada tiap masanya. Seperti halnya, Jokowi dalam perannya menghadapi krisis pandemi Covid-19.

Baca Juga:

    Tak berhenti di situ, berbagai agenda lain juga akan memeriahkan HUT RI ke-77 dalam dua pekan kedepan, dari acara zikir kebangsaan pada tanggal 1 Agustus, upacara penganugrahan tanda kehormatan RI pada tanggal 12 Agustus, hari diskon nasional yang dimulai pada tanggal 15 Agustus, pidato kenegaraan, kirap bendera dari lapangan Monas menuju Istana Merdeka, hingga renungan suci di makam Kalibata.

    Tidak ketinggalan, puncak acara, yakni upacara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih yang jatuh pada tanggal 17 Agustus Selain itu, rangkaian peringatan HUT RI ke-77 juga akan dibarengi dengan berbagai peringatan hari besar lain, seperti: peringatan hari kebangkitan teknologi yang jatuh pada 10 Agustus dan hari pramuka ke-61 yang jatuh pada 11 Agustus. (Jhn/ian)


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar