Iklan Banner Sukun
Ragam

Hujan Berwarna, Fenomena Aneh Yang Pernah Terjadi Di Dunia

(Foto: Jessica Knowlden, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Umumnya, air hujan yang turun memiliki warna trnasparan. Sama seperti air yang biasa kita temui dan kita minum. Namun, fenomena hujan aneh yang menurunkan air dengan warna-wana tertentu ternyata pernah terjadi.

Mulai dari air hujan berwarna merah, hitam hijau, sampai putih seperti susu. Meski terdengar aneh namun, hal tersebut nyata pernah terjadi di beberapa daerah di berbagai negara. Berikut beberapa hujan berwarna yang pernah terjadi.

Hujan Darah

Disebut hujan darah karena warnanya yang tampak merah seperti darah. Hujan unik ini pernah terjadi di Kerala, India. Tetesan hujan berwarna merah ini belum pernah ada sebelumnya, tak ayal jika suasana jadi tampak mencekam bagi sebagian masyarakat yang belum pernah melihatnya. Namun, ternyata hal ini dapat terjadi karena spora alga terbawa angin dan tercampur dengan awan hujan, hingga akhirnya terbentuklah hujan merah tersebut.

Hujan Susu

Hujan yang cukup menggemparkan lainnya ialah adanya hujan berwarna putih susu di daerah sekitar Washington dan Oregon. Hal tersebut juga sempat membuat para ilmuwan kebingungan, karena saat diteliti mereka tidak dapat menjelaskan asal muasalnya. Hingga kemudian disimpulkan bahwa hujan telah bercampur dengan abu vulkanik atau debu yang berterbangan di sekitar daerah tersebut.

Hujan Hijau

Selain hujan darah, di India tepatnya di Kolkata juga pernah mengalami hujan aneh berwarna hijau. Meski terlihat seperti cairan asam yang cukup membahayakan, namun ternyata hanya tetesan air yang bercampur dengan susunan serbuk bunga dan bunga sari dari pohon mangga. Selain itu juga ada ada kandungan lain di dalamnya yakni kotoran lebah. Hujan hijau juga pernah terjadi di Moskow, Rusia, hanya saja bahan penyusunnya dari serbuk sari pohon betula.

Hujan Hitam

Hujan hitam bisa terbentuk dari campuran air dan debu vulkanik atau partikel debu yang terdapat di dalam bumi selama jutaan tahun lamanya. Bisa juga karena debu yang berterbangan dari luar angkasa.

Hujan Coklat

Hujan coklat pernah turun di Rusia Selatan, alih-alih membuat masyarakat senang karena yang turun adalah makanan berbahan coklat, justru membuat mereka takut dan curiga jika beberapa pabrik telah membuang zat berbahaya di udara. Namun, ternyata lagi-lagi hal ini disebabkan oleh debu, debu-debu tersebut diduga berasal dari Afrika. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar