Iklan Banner Sukun
Ragam

Hobi Traveling? Ini Aturan Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang Perlu Diketahui

Seseorang yang hendak melakukan perjalanan dengan transportasi udara. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Jalan-jalan ke luar negeri bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, para pecinta traveling perlu mengetahui peraturan terbaru tentang pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) maupun ketika masuk ke Indonesia.

Pasalnya, menerapkan protokol kesehatan masih menjadi hal yang penting. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Bagi PPLN dari Indonesia harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster mulai 1 September 2022. Aturan ini tertuang dalam SE Satgas Nomor 25 Tahun 2022. M


Melansir dari laman indonesiabaik.id, berikut ini beberapa aturan yang perlu diketahui bagi PPLN maupun ketika datang ke Indonesia.

Aturan Perjalanan Luar Negeri

PPLN yang akan berangkat dari Indonesia perlu menyiapkan beberapa syarat ini :

1. Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) berstatus WNI dengan usia 18 tahun ke atas wajib sudah menerima vaksin dosis ketiga (booster)

2. PPLN ke luar negeri wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin atau dapat dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi

3. Bagi PPLN berstatus WNI dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid sehingga tidak dapat memperoleh vaksinasi, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19

Aturan Masuk ke Indonesia

Untuk persyaratan dokumen saat kedatangan ke Indonesia, PPLN wajib sudah vaksin dosis kedua. Namun, peraturan ini memiliki pengecualian yang berlaku kepada:

1. PPLN usia di bawah 18 tahun

2. PPLN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid sehingga tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat menerima vaksin Covid-19.

3. PPLN yang baru selesai menjalani isolasi/perawatan Covid-19 dan telah dinyatakan tidak aktif menularkan Covid-19, namun belum bisa mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah atau Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahwa sudah tidak aktif menularkan Covid-19.

Itulah peraturan PPLN yang perlu diketahui. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan barang-barang yang dibutuhkan telah siap sehingga tidak ada kendala saat menuju tujuan. (nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar