Iklan Banner Sukun
Ragam

Hoax! Air Nanas Membunuh Sel Kanker, Cek Faktanya

(Foto: Pineapple Supply co, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat ini sedang tren banyak informasi beredar di media sosial yang menampilkan minuman air nanas panas Yang katanya bisa membunuh sel kanker. Para pembuat video tersebut menyebutkan bahwa air nanas bisa menjadi air Alkali yang bisa dikonsumsi setiap hari. Dan selain itu air Nanas juga bisa membunuh kuman dan racun dalam tubuh.

Padahal klarifikasi dari ketua DPP bidang ilmiah persatuan ahli gizi Indonesia, Dr.marudut Sitompul Mengatakan bahwa penelitian mengenai air nanas panas masih butuh waktu untuk melanjutkan penelitian lebih lanjut. Ia mengatakan dan menunjukkan salah satu penelitian pada tahun 2019 mengenai bromelain pada nanas yang berkaitan dengan kanker.

Judul pada penelitian tersebut bernama ‘Bromelain Menghambat kemampuan sel kanker kolorektal untuk berkembang Biak melalui aktivasi produksi ROS dan authopagy’ Yang telah diterbitkan oleh institut kesehatan nasional As. Dan ia juga menyebutkan bahwa penelitian-penelitian ini terserak yang perlu dikumpulkan Meta analisisnya, sehingga tidak bisa disimpulkan dengan begitu saja.

Membahas tentang bromelain, Bromelain merupakan enzim yang memproduksi zat untuk mencegah terjadinya inflamasi atau Peradangan. akan tetapi, penelitian tersebut tidak menyebutkan adanya objek bagi penderita kanker atau sel kanker dengan mengkonsumsi nanas maupun rendaman air panas.

Dr.marudut juga menjelaskan bahwa nanas memiliki PH 4 yang bersifat asam, jika nanas direndam dengan air dan difermentasi maka bakteri lactic acid Akan masuk ke dalam dan membuatnya menjadi lebih asam.

Kandungan tersebut memang mampu mengatasi beberapa penyakit namun penelitian tentang nanas masih perlu penyidikan lebih lanjut sehingga tidak bisa disimpulkan bahwa air nanas panas bisa membunuh sel kanker. Dan juga merebut memastikan bahwa buah nanas memang memiliki kandungan yang sehat dan baik bagi tubuh.

Bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi nanas, nanas sendiri memiliki manfaat pada tubuh karena banyak nutrisi kandungan vitamin C, mangan, tembaga, Folat, kalsium, magnesium, Niasin,zat besi, dan vitamin A, serta antiokasidan Yang berguna dan mampu untuk melancarkan pencernaan, mengurangi resiko kanker, meningkatkan Imunitas, jadi menu diet, meringankan gejala arthritis, dan bisa Mempercepat pemulihan Paska operasi.

Nah jadi kesimpulannya bahwa air nanas panas belum bisa di pastikan mampu membunuh sel kanker pada penderita kanker, akan tapi buah nanas bisa mengurangi resiko kanker bagi mereka yang masih sehat. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar