Iklan Banner Sukun
Ragam

Meski Orangtua Sendiri

Hindari Mencium Bibir Anak, Ini Alasannya Menurut Psikologi

Ilustrasi orang tua yang mencium bibir anaknya yang sebenarnya tidak dianjurkan secara psikologi (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai orang tua yang memiliki anak kecil biasanya hal yang paling sering dilakukan ialah menciuminya. Terlebih karena pada saat-saat itu mereka sedang dalam fase lucu-lucunya.

Mulai dari pipi, tangan, atau bahkan bibir tak luput dari sasaran ciuman orang tua. Padahal, mencium bibir pada anak merupakan hal yang sebenarnya tidak diperkenankan. Adapun berikut ini alasan kenapa mencium bibir anak tidak dianjurkan secara psikologi, di antaranya karena;

Anak tidak paham batasan privasi


Saking sayang dan gemasnya pada anak kerap kali membuat orang tua lupa bahwa anak juga perlu memahami batasan privasinya. Terlebih jika terlalu sering mencium bibir anak, dikhawatirkan mereka akan menganggap bahwa hal itu merupakan sesuatu yang wajar.

Seperti yang kita tahu bahwa bibir ialah salah satu area pribadi anak. Jika orang tua mencontohkan hal tersebut, secara tidak langsung menunjukkan bahwa batasan tersebut terbuka. Sehingga seseorang bisa masuk pada area tersebut tanpa masalah.

Tidak higienis

Tentu saja hal yang paling masuk dalam logika ketika melihat seseorang mencium bibir ialah perihal higienis. Menurut dokter gigi, ada sebagian besar mikroba di bagian mulut yang kemungkinan tidak menginfeksi orang dewasa, tapi justru membahayakan anak-anak.

Sistem kekebalan anak yang masih lemah tentu menjadi alasan utamanya. Maka, dari itu mengapa mencium bibir anak sangat tidak diperkenankan.

Memungkinkan anak mencium orang lain

Karena kerap merasa mendapatkan perhatian dan bentuk kasih sayang pada orang tuanya dengan mencium bibir, hal ini memungkinkan anak akan melakukan hal serupa pada teman atau orang lain yang ia sayangi.

Para orang tua pasti tahu bahwa anak-anak merupakan sosok peniru. Ia senang meniru sesuatu yang pernah ia lihat, dengar, dan rasakan. Tak ayal jika mungkin saja mereka melakukan pengulangan serupa pada orang lain tanpa menyadari implikasi intim dari gerakan mencium bibir ini. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev