Iklan Banner Sukun
Ragam

Hindari Jasa Pinjaman Online Ilegal, Kenali Ciri-cirinya!

Ilustrasi (foto : Mufid Majnun, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pinjaman online, kini banyak menjadi solusi untuk meminjam uang, karena dianggap lebih praktis. Hanya dengan bermodalkan KTP, lalu mendaftar secara daring, maka uang yang dibutuhkan akan cair dalam hitungan menit.

Ini tentu saja lebih mudah daripada melakukan peminjaman dengan bank. Seperti platform yang sudah terkenal, Kredivo, Uang Teman, dan Tunai Kita.

Nyatanya, tidak semua pinjaman online itu aman, banyak pinjaman online illegal yang menipu penggunanya. Bagi yang belum mengetahui, pinjaman online adalah sebuah layanan pembiayaan yang disediakan oleh badan tertentu dan bisa dilakukan secara daring.

Tetapi, tidak semua pinjaman online mendapat izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga masuk kelompok illegal. Sehingga prosedur yang dilakukan tidak sesuai dengan peraturan OJK dan tidak memiliki badan hukum.

Berikut ini adalah ciri-ciri pinjaman online illegal berdasarkan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

  1. Pinjaman online illegal biasanya memiliki bunga yang tingi. Selain itu ia juga menetapkan denda dan biaya mahal tanpa disertai keterangan dalam perjanjian. Sehingga tidak ada kejelasan.
  2. Untuk menggiurkan nasabah, pinjaman online illegal ini tidak memiliki jangka waktu peminjaman yang jelas.
  3. Saat melakukan pendaftaran secara online, aplikasi ini akan meminta data yang cukup mendalam dan lebih dari yang dibutuhkan. Seperti akses kontak handphone dan dokumen pribadi. Bahkan data tersebut tidak berhubungan dengan pinjaman yang kita lakukan.
  4. Ciri selanjutnya, menurut Kemenkominfo, pinjaman online illegal tidak memiliki alamat yang jelas. Biasanya, lokasinya berada di luar negeri sehingga ketika ada suatu perkara, korban dan pihak yang berwajib akan sulit mencarinya. Maka pastikan pihak peminjam menuliskan alamat dengan jelas.
  5. Tidak adanya layanan aduan juga menjadi ciri-ciri illegal, dengan begitu nasabah tidak akan bisa melalukan complain apabila terjadi sesuatu.
  6. Umumnya, tagihan ansuran akan dilakukan dengan tidak manusiawi. Menggunakan jasa debt collector yang tidak memiliki sertifikat dan berperilaku kasar.

Jika kalian sudah memahami ciri-cirinya, tentu sebaiknya melakukan tindakan pencegahan sebelum ada kasus yang terjadi. Apabila kalian sudah terlanjur melakukan peminjaman pada aplikasi illegal, maka pastikan kalian segera membayar lunas pinjaman kalian, dan laporkan ke OJK melalui situs kontak157.ojk.go.id atau www.ojk.go.id. [mnd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar