Ragam

Hindari Hal Ini Jika Tak Ingin Asam Lambung Naik

Ilustrasi sakit perut akibat asam lambung naik (Foto: Andrea Piacquadio, Pexels)

Surabaya (neritajatim.com) – Naiknya asam lambung dapat menjadi penyebab permasalahan pada tenggorokan. Hal ini dikarenakan adanya kelemahan dari otot sfinger atau otot penjaga yang terdapat pada tenggorokan. Jika sudah demikian biasanya akan memberikan dampak berkepanjangan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Salah satunya ialah akibat pola hidup yang kurang sehat, seperti merokok, konsumsi alkohol, atau kebiasaan tidur usai makan. Hal-hal tersebut memang tidak baik bagi kesehatan, terlebih bagi penderita asam lambung.

Dalam penelitian disebutkan bahwa berat badan yang berlebih juga dapat berpotensi membuat seseorang mengalami asam lambung. Ini tidak lepas dari otot-otot sfinger yang melemah. Tak ayal jika dapat meningkatkan risiko asam lambung naik ke tenggorokan.

Seseorang yang menderita asam lambung biasanya mengeluhkan beberapa hal. Meski setiap orang berbeda-beda, namun ada hal mendasar yang kerap dirasakan, seperti ada rasa mengganjal pada tenggorokan setelah melakukan pengobatan.

Kebanyakan penderita asam lambung juga akan merasakan adanya gejala seperti dahak kental, sulit menelan, hingga menyebabkan suara menjadi serak. Jika demikian maka perlu adanya antisipasi atau pencegahan agar asam lambung tidak naik.

Berikut ini hal-hal yang perlu dihindari agar asam lambung tidak naik, di antaranya;

Rokok dan alkohol

Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol hingga kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya dapat meningkat risiko naiknya asam lambung. Tak ayal jika hal ini tentu perlu dihindari, bahkan untuk orang sehat sekalipun.

Tidur usai makan

Normalnya jarak antara tidur dan makan ialah selisih minimal dua hingga tiga jam. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada tubuh butuh waktu untuk benar-benar mencerna apa yang telah dikonsumsi.

Terlalu sering mengonsumsi makanan tidak sehat

Jika selama ini makanan yang dikonsumsi dirasa tidak menyehatkan, maka hal itu tentu perlu dihindari. Ganti makanan-makanan kaya akan MSG dengan makanan lain yang lebih menyehatkan, seperti sayur dan buah.

Pola hidup tidak seimbang

Pola hidup yang tidak seimbang juga perlu dihindari. Makan makanan menyehatkan saja tidak cukup, namun juga harus diimbangi dengan olahraga. Hal ini tidak hanya dapat membuat tubuh lebih sehat, tapi juga bisa mengurangi risiko asam lambung naik. (Fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar