Iklan Banner Sukun
Ragam

Hindari! 4 Kebiasaan Buruk yang Membuat Smartphone Cepat Rusak, Nomor Satu Paling Sering

Ilustrasi seseorang yang menggunakan smartphone (Jonas Leupe, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Smartphone saat ini adalah perangkat yang sangat penting untuk banyak orang.Smartphone digunakan orang dari segala aspek mulai dari berkomunikasi, bekerja, hingga sekedar mendapatkan hiburan. Karena penting, tentu saja kita harus menjaga smartphone agar seawet mungkin agar tidak perlu mengeluarkan uang setiap tahun untuk membeli smartphone baru.

Namun ternyata banyak yang tak sadar jika ada kebiasaan buruk yang bisa membuat smartphone cepat rusak. Kebiasaan buruk ini bahkan secara tidak sadar sangat berdampak pada keawetan smartphone. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat smartphone Anda cepat rusak.

1. Bermain Game Sambil Charger


Salah satu kebiasaan buruk dari memakai smartphone yaitu bermain game sambil di-cas. Pasalnya menjalankan aplikasi yang berat sekaligus mencharge smartphone membuat prosesor bekerja lebih keras dan mengakibatkan suhu smartphone menjadi semakin panas dan bisa mengalami overheat.

2. Memakai Charger Tidak Original

Terdapat banyak kasus dimana ada smartphone yang terbakar atau meledak akibat tidak memakai charger original. Pasalnya ada beberapa charger apalagi charger palsu yang bisa menghantarkan arus listrik terlalu besar sehingga tidak sesuai dengan spesifikasi baterai. Hal ini menyebabkan baterai kelebihan daya dan berakhir terlalu panas. Hingga baterai bisa terbakar.

3. Tidak Melakukan Update OS atau Keamanan

Tidak melakukan update sistem operasi ataupun patch keamanan juga dapat membuat smartphone cepat rusak karena smartphone akan rentan pada virus atau ancaman peretas. Pengguna smartphone dihimbau untuk selalu melakukan update secara berkala sehingga dapat memastikan keamanan smartphone Anda tetap terjaga.

4. Melakukan Rooting/Jailbreak

Meskipun tidak selalu terjadi, melakukan rooting ataupun jailbreak pada smartphone bisa membuat smartphone lebih rentan pada ancaman. Hal ini juga berisiko terjadinya bootloop jika proses root tidak dilakukan dengan benar. Sebisa mungkin, hindari saja root pada smartphone Anda agar bisa lebih awet.

Hindari beberapa hal itu, jika Anda ingin smartphone yang bertahan dalam jangka waktu lama. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar