Iklan Banner Sukun
Ragam

Hati-Hati, Sinar Biru dari Gadget Bisa Sebabkan Penuaan Dini

(Foto: Rodion Kutsaev, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Ternyata bukan hanya sinar Ultraviolet saja yang berbahaya untuk kulit. Sinar biru yang terpancar dari layar smartphone atau gadget lainnya juga bisa menyebabkan penuaan dini.

Selain merusak kesehatan mata, sinar biru juga memicu penuaan dini pada kulit wajah. Dampaknya memang tidak langsung terlihat karena efeknya bertumpuk.

Sinar biru (Blue Light) merupakan sinar yang berasal dari peralatan elektronik seperti laptop, komputer, hingga smartphone. Salah satu dampak dari paparan sinar biru ini adalah hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi merupakan kondisi munculnya bercak gelap pada kulit. Meski umumnya tidak berbahaya, hiperpigmentasi dapat mengganggu pada penampilan. Ada tanda-tanda Anda terjangkit hiperpigmentasi sebagai berikut.

Pertama, kulit kurang elastis. Akibat paparan cahaya biru akan menyebabkan kulit jadi kurang elastis. Ini merupakan tanda awal dari hiperpigmentasi.

Kedua, perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dapat terjadi setelah adanya inflamasi atau peradangan. Akibat paparan cahaya biru menyebabkan perubahan kulit jadi lebih gelap. Ketiga, memicu terbentuknya radikal bebas dan photoaging dan menghancurkan kolagen dalam kulit.

Dilansir dari The Gulf News, seorang dokter kulit di New York bernama Michelle Henry berkata bahwa sinar biru bisa merusak kolagen pada kulit apalagi sinar biru dari handphone. Sementara itu, sinar ultraviolet buatan yang ada pada sinar biru mampu merusak DNA sel secara langsung dan menghancurkan kolagen melalui stres oksidatif yang diciptakan.

Flavin pada zat kimia yang ada pada tubuh akan menyerap sinar biru dan menghasilkan molekul oksigen yang tidak stabil sehingga menyebabkan penuaan dini.

Guna mengatasi masalah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenakan cover cahaya biru pada gadget yang Anda gunakan dan selalu gunakan mode malam. Lalu memakai produk mengandung antioksidan untuk kulit Anda seperti penggunaan sunscreen dari brand tertentu.

Kulit pada dasarnya sudah memiliki antioksidan alami seperti vitamin E, namun semua antioksidan ini dipakai saat kulit terpapar radikal bebas berlebih. Penggunaan produk antioksidan dalam bentuk skincare, termasuk juga menambah diet kaya antioksidan dari buah dan sayuran segar dapat mendorong kemampuan kulit melawan kerusakan oksidatif akibat lingkungan yang terpapar cahaya biru smartphone. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar