Iklan Banner Sukun
Ragam

Hati-Hati Minum Kopi Bisa Bahaya Bagi Kesehatan, Apa Saja Efek Sampingnya?

Ilustrasi Bahaya Minum Kopi Setiap Hari. (Sumber foto: Ron Lach, Pexel)

Surabaya (beritajatim.com) – Kopi sering menjadi asupan untuk memperbaiki perasaan mengantuk. Namun, ada beberapa efek samping jika kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi kopi.

Gangguan pada Masalah Pencernaan

Dampak yang buruk ketika terlalu sering konsumsi kopi setiap hari dapat menyebabkan masalah pada pencernaan seperti sakit perut, mual, muntah, dan nyeri ulu hati.

Selain itu, ada potensi yang menyebabkan diare, sakit maag, atau penyakit asam lambung (GERD) jika tidak diimbangi dengan minum air mineral yang banyak.

Perasaan Cemas yang Berlebihan

Faktanya, kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan perasaan kantuk. Apabila kita mengkonsumsi terlalu berlebihan hingga berhari-hari, maka kopi mengakibatkan muncul rasa cemas dan gelisah.

Jika hal ini tidak dibatasi, dampak konsumsi kopi berlebihan tentu akan membuat kita mengalami gangguan kecemasan.

Seringkali Tidur Tak Nyenyak

Tanpa disadari kafein pada kopi adalah zat stimulan sehingga kinerja otak dan saraf terasa lebih aktif. Itulah yang membuat minuman berkafein, seperti kopi, teh dapat menghilangkan rasa kantuk.

Ketika dikonsumsi berlebihan, kopi atau minuman berkafein ini akan mengganggu kualitas tidur bahkan membuat kita jadi susah tidur bahkan berisiko insomnia.

Penentuan dalam Mengkonsumsi Kopi yang Tepat

Sebenarnya, Kopi dapat dikatakan aman jika tidak berlebihan. Umumnya, batas minum kopi orang dewasa biasanya empat cangkir per hari atau sama halnya dengan 400mg kafein per hari.

Sedangkan untuk ibu hamil atau menyusui dapat mengonsumsi kopi dengan ukuran lebih rendah maksimal 200 mg kafein atau dua cangkir kopi per hari.

Hanya saja, supaya lebih aman, lebih baik memang tidak mengonsumsi kopi setiap hari, apalagi jika sudah memiliki riwayat penyakit atau masalah kesehatan seperti sakit maag, tekanan darah tinggi, gangguan bipolar, epilepsi, penyakit asam lambung, atau irritable bowel syndrome (IBS).

Jadi, minum kopi setiap hari memang berbahaya jika takarannya terlalu berlebihan dan kita sudah memiliki riwayat gangguan kesehatan.

Pada dasarnya, memang benar sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan dampak yang baik. Jadi mulailah dengan cukup dan imbangi dengan pola hidup sehat seperti makanan bergizi, olahraga teratur dan konsumsi air putih. (prd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar