Iklan Banner Sukun
Ragam

Hati-Hati, Kenali Tanda Orang Manipulatif Berikut Ini

(Foto: Rodnae Production, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Menurut seorang psikolog, Ikhsan Bella Persada, manipulasi adalah bentuk mekanisme pertahanan diri seseorang ketika diharuskan untuk berhadapan dengan lingkungan atau suatu konflik yang membuatnya tertekan.

Menyerang dan mempengaruhi emosi orang lain menjadi cara untuk melindungi dirinya, atau mungkin memang ingin mengendalikan orang lain untuk mendapatkan yang diinginkan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah tanda-tanda seseorang yang manipulatif.

1. Memutarbalikkan Fakta

Seseorang yang manipulatif, sangat pandai untuk memutarbalikkan kebenaran yang ada. Demi terlihat lebih baik, ia akan tidak akan mengatakan fakta, ia memilih untuk terus berbohong, membuat alasa, mencari pembenaran dengan menahan informasi penting. Hal ini bertujuan agar orang lain merasa bersalah, terpojok, sehingga ia akan memiliki kendali dan berkuasa.

2. Mengambil keuntungan

Memutarbalikkan fakta tadi juga menjadi salah satu cara agar seseorang yang manipulatif bisa mendapat keuntungan untuk dirinya sendiri. Ia tidak peduli dengan apa yang ia perbuat, bahkan jika itu akan merugikan orang lain, ia akan tetap melakukannya. Rasa empatinya sudah menguap entah kemana demi apa yang ia inginkan.

3. Zona nyaman

Bisa dibilang bahwa orang yang manipulatif ini jago kandang. Biasanya saat ia mengajak bertemu atau berkumpul dengan orang, ia cenderung akan memaksa untuk memilih tempat yang membuatnya merasa lebih nyaman, dalam artian lebih dominan dan berkuasa. Contohnya seperti di rumahnya, atau di kantor. Hal ini bertujuan agar orang lain tidak memiliki kendali.

4. Gampang akrab

Meski memiliki sifat manipulatif, ternyata orang-orang ini mudah dekat dengan orang lain. Mereka mengakrabkan diri, berpura-pura berperan sebagai teman yang baik agar dipercaya. Namun ternyata, ada maksud dibalik itu semua, saat dipercaya, ia akan membuat orang lain terbuka dan menceritakan banyak hal pada dirinya, sekalipun itu rahasia. Cerita dan rahasia itulah yang dijadikan senjata untuk menjatuhkan orang tersebut suatu saat nanti.

5. Lelucon yang menyingung

Tak jarang saat sedang berkumpul bersama, seseorang yang manipulatif akan melempar lelucon yang menyinggung, bahkan memang bertujuan untuk memperlihatkan kelemahan orang lain. Dengan dalih humor, mereka akan menampilkan hal-hal buruk tentang oran lain. Seperti penampilan orang, gadget, atau pengalaman yang tidak mengenakkan. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih berkuasa dan hebat, sehingga orang lain menjadi minder, tidak nyaman, dan insecure.

6. Membuat merasa bersalah

Saat kalian sedang bahagia karena pencapaian atau lain-lain hal, seorang manipulator tentu tidak akan ikut berbahagia. Ia justru akan membuat pencapaian kalian itu seperti tidak ada artinya, dan membandingkan dengan kebahagian orang lain yang lebih besar. Karena diperlakukan seerti itu, kalian pun jadi merasa tidak pantas membanggakan pencapaian kalian. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar