Iklan Banner Sukun
Ragam

Hati-hati Jika Bulu Anjing Suka Rontok Bisa Jadi Berbahaya, Begini Cara Mengatasinya

Mandikan anjing seminggu sekali agar bulu tidak mudah rontok. (Sumber foto: Twitter @PetshopPampamdo)

Surabaya (beritajatim.com) – Pecinta hewan mana yang tak ingin memiliki anjing dengan bulu yang lebat dan indah? Tentu sangat menawan jika dilihat, dan bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi majikannya.

Umumnya pemilik hewan anjing ini rela merogoh kocek dalam-dalam demi melihat hewan kesayangan tampil cantik dan sehat.

Akan tetapi, terkadang bulu anjing suka rontok dan beberapa orang mengabaikan kondisi tersebut. Padahal bisa saja kondisi ini menjadi sebuah tanda yang cukup serius.

Sebagai pemilik anjing peliharaan, Anda harus mencari penyebab kerontokan bulu anjing. Karena jika dibiarkan hewan tersebut bisa mengalami kebotakan. Nah berikut penyebab bulu anjing rontok yang umum terjadi.

1. Efek dari Cuaca
Bulu anjing rontok memang adalah hal yang normal, terlebih lagi jika kondisi ini terjadi saat ia bertambah tua atau cuaca sedang panas.

Sebut saja seperti ras Husky dan Labrador yang menumbuhkan bulu saat musim dingin, namun dirontokkan kembali saat musim panas.

2. Infeksi Bakteri dan Jamur
Bakteri dan jamur merupakan hal yang normal terjadi pada kulit anjing. Namun terkadang pertumbuhan bakteri dan jamur yang di luar kendali dapat menyebabkan bulu rontok, kemerahan, bau hingga gatal.

3. Alergi
Taukah Anda jika hewan anjing dapat mengalami alergi sama seperti manusia. Beberapa tanda umum alergi yang muncul, yakni bulu rontok dan kulit gatal.

Jika Anda melihat adanya alergi pada anjing, ada baniknya untuk memberikan obat pengendali kutu, dan hindari makanan ataupun kondisi yang dapat memicu alergi.

Lantas bagaimana sih tips mengatasi kerontokan bulu pada anjing peliharaan? simak berikut ini.

1. Perhatikan Makanannya
Berikan makanan sehat yang ampuh dalam mengatasi kerontokan bulu dan hindari kandungan zat pengenyang yang sulit dicerna, seperti jagung dan biji – bijian.

2. Berikan Vitamin
Selanjutnya, berikan vitamin yang dibutuhkan oleh anjing peliharaan Anda. Namun, perlu diingat, jangan berikan vitamin secara berlebihan. Pasalnya dapat berisiko mengalami keracunan.

3. Mandikan dan Sisir Bulu Secara Rutin
Tips selanjutnya adalah menyisir dan memandikan secara rutin dapat membuat bulu yang sudah rontok jatuh atau terbuang dengan sendirinya.

Tetapi, jangan mandikan anjing terlalu sering, lantaran dapat membuat kulit anjing yang bertekstur kering dapat menjadi semakin kering.

Nah untuk menyisirnya, Anda bisa menggunakan sikat bulu kejur, slicker, atau sisir yang berbentuk seperti garpu tanah kecil.

4. Berikan Minyak Zaitun
Jika Anjing peliharaan Anda sedang terkena alergi, ada baiknya untuk memberikan mnyak zaitun sebanyak satu sendok teh. Sebab, minyak ini dapat membantu menenangkan kulit yang meradang serta menguatkan tekstur bulu anjing agar tidak mudah rontok. (frs/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar