Iklan Banner Sukun
Ragam

Hati-Hati, Hal-Hal Sederhana Ini Dapat Merusak Diri Sendiri

(Foto: Rodnae Production, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Seperti kata pepatah, apa yang kamu tanam hari ini akan kamu tuai di hari esok. Tak ayal segala hal yang dilalui tentu harusnya dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Semua bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dengan hal-hal yang cukup sederhana. Meskipun begitu ada juga sesuatu yang dirasa simpel namun justru dapat merusak kualitas diri sendiri.

Maka sangat perlu setiap orang menghindari hal tersebut. Adapun beberapa hal simpel yang perlu dihindari agar tidak merusak diri.

Sulit berkata jujur

Seseorang yang sulit berkata jujur untuk mendapatkan simpati dari orang lain, tentu akan merugikan dirinya sendiri di kemudian hari. Karena kerap berpura-pura akan membuat orang lain jadi tidak percaya lagi hingga hilang respect. Untuk investasi jangka panjang, tentu sifat ini harus dihindari.

Menyimpan rasa iri dan kerap mengeluh

Pencapaian orang lain terkadang memang membuat seseorang jadi ingin mendapatkan hal yang sama. Meski kerap iri dengan keberhasilan orang lain, namun tidak adanya usaha untuk meraihnya tentu hanya akan membuang-buang waktu dan pikiran saja. Terlebih jika yang dilakukan hanya mengeluh. Perasaan iri pun berakhir jadi penyakit hati.

Menghakimi orang lain

Setiap orang tentu pernah berbuat salah, jadi tidak perlu terlalu menghakimi orang lain. Jika bisa diberikan kritik dan saran tentu bisa disampaikan dengan baik. Coba juga instrospeksi diri sendiri, bisa jadi kesalahan yang orang lain perbuat tersebut ada faktor kesalahan atau kelalaian kita sendiri.

Dalam sebagian kasus, seseorang yang kerap menyalahkan orang lain tidak membuat dirinya jadi tampak baik, melainkan terkesan melempar tanggung jawab.

Tidak konsisten

Banyak orang percaya bahwa karakter dan sifat seseorang bisa dilihat dari ucapannya. Tak ayal jika orang yang tidak konsisten hal tersebut secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa orang tersebut tipe orang yang plin-plan. Maka jika dalam sebuah pertemanan atau bisnis, mungkin sosok seperti ini akan dihindari.

Egois

Seseorang yang egois atau kerap mementingkan dirinya sendiri tentu akan dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya, seperti teman sepermainan hingga partner kerja. Karena ia dianggap tidak memiliki sikap simpatik terhadap orang lain dan hanya memikirkan diri sendiri.

Tidak ikhlas

Perasaan tidak ikhlas atau tidak bisa menerima kegagalan tentu akan menghambat keberhasilan diri sendiri di masa mendatang. Hal ini karena fokus pikiran masih terpaku dengan kisah buruk masa lalu. Jadi, coba mulai dengan menerimanya dan menjadikan kegagalan s bagai pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar