Iklan Banner Sukun
Ragam

Hati-Hati Dalam Mengolah Makanan Berikut Ini, Jika Salah Bisa Jadi Racun

Ilustrasi makanan yang bisa menjadi racun, salah satunya mie instan. (Foto: JAN N G U Y E N, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika sebagian orang lebih senang membeli makanan siap saji, sebagian orang lainnya mungkin lebih memilih untuk memasak sendiri.

Namun, untuk yang baru belajar memasak tentu harus memperhatikan betul bagaimana cara mengolah makanan yang baik dan benar.

Sebab jika salah dalam mengolah makanan, bisa jadi yang pada dasarnya baik dan menyehatkan pun dapat menjadi racun dan berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa jadi racun jika salah dalam mengolah, di antaranya;

Makan mie instan dengan kuah rebusannya
Makan mie kuah memang sangat nikmat terlebih ketika dinikmati saat masih panas di cuaca yang dingin. Namun, meskipun begitu, masih banyak orang yang mengonsumsi mie instan dengan kuah rebusannya.

Padahal kuah dari rebusan ini mengandung banyak pengawet dan bahan kimia lainnya. Tak ayal jika hal tersebut dapat menjadi racun dan berbahaya bagi kesehatan.

Memasak sayur terlalu lama
Mengonsumsi sayur memang sangat baik manfaatnya bagi tubuh. Namun, makanan yang baik dan menyehatkan pun juga dapat menjadi racun jika seseorang salah dalam mengolahnya.

Begitu pula dengan sayur, memasak sayur yang benar tidak boleh terlalu lama. Hal ini karena kandungan-kandungan baik, seperti vitamin dan nutrisi justru akan hilang. Umumnya memasak sayur-sayuran dilakukan selama 2-3 menit dengan api kecil atau sedang.

Memanaskan kembali bayam
Mungkin untuk sebagian orang suka memasak atau memanaskan kembali makanan sisa kemarin. Namun, nyatanya tidak semua masakan bisa diterapkan seperti demikian, salah satunya ialah bayam.

Bayam yang kaya akan kandungan baik seperti zat besi dan vitamin ini, tidak disarankan untuk dimasak kembali. Hal ini dapat merubah nutrisi di dalamnya menjadi racun.

Konsumsi kentang hijau
Kentang yang diolah umumnya berwarna krem atau kecoklat-coklatan, namun pernahkah melihat kentang dengan warna sedikit kehijau-hijauan? Ya kentang seperti itu biasanya sudah siap untuk membentuk tunas, sehingga lebih baik jika dihindari.

Hal ini karena adanya kandungan solanin yang bisa menjadi senyawa racun bila dikonsumsi. Biasanya orang yang mengonsumsinya akan merasakan efek diare, mual, hingga gejala keracunan lainnya.

Menyeduh teh terlalu lama
Selain sayuran, teh juga tidak boleh diolah terlalu lama. Normalnya menyeduh teh dilakukan selama kurang lebih dua hingga tiga menit saja. Itu juga disarankan untuk menggunakan air di bawah 100 derajat celcius.

Menyeduh teh hingga terlalu pekat atau lama hanya akan menimbulkan bahaya dan justru menghilangkan kandungan baik di dalamnya.

Selain itu juga menyebabkan keluarnya kandungan kafein yang terlalu tinggi, sehingga dapat menyebabkan jantung berdebar hingga gangguan pencernaan. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar