Iklan Banner Sukun
Ragam

Hati-Hati! 6 Risiko Kesehatan Karena Kesepian, Nomor 5 Paling Bahaya!

Ilustrasi seorang yang kesepian malah bisa sebabkan penyakit. (Noah Silliman, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kesepian bisa memicu berbagai masalah kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian bagi orang yang mengalaminya. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan beraktivitas yang menyenangkan dan bermakna. Dengan cara itu resiko kesehatan karena kesepian dapat berkurang.

Kesepian merupakan perasaan sendirian, terlepas dari jumlah kontak sosial. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat, isolasi sosial adalah kurangnya koneksi sosial sehingga memicu kesepian.

Tetapi sebagian orang dapat merasa kesepian tanpa terisolasi secara sosial. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi akibat kesepian.

Depresi

Kesepian berbeda dengan depresi, namun sering dikaitkan dengan gejala depresi. Penelitian dari Social Psychiatry and Psychiatry Epidemiology tahun 2016 mengungkap jika orang kesepian acap kali mengalami depresi.

Dilansir dari Live Strong, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Lancet pada Januari 2020 menemukan hubungan antara kesepian, keterputusan sosial, serta depresi.

Melemahkan sistem imun

Studi pada Desember 2015 yang dilakukan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences menjelaskan hubungan kesepian dan sistem imun.

Penelitian itu menunjukkan jika kesepian bisa melemahkan respons kekebalan tubuh sehingga jadi penyebab lebih banyak peradangan, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.

Diabetes Tipe 2

Ada penelitian dalam jurnal Diabetologia tahun 2020 bahwa orang berusia di atas 50 tahun yang melaporkan tingkat kesepian yang lebih tinggi lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari. Sayangnya, para peneliti tidak dapat menjelaskan mengapa hal ini terjadi.

Penyakit Jantung

Kesepian juga bisa meningkatkan kemungkinan orang mengalami masalah kardiovaskular. Sebuah studi Mei 2016 di Heart bahwa sekitar 30 persen lebih tinggi kemungkinan terkena stroke atau penyakit jantung di antara orang-orang yang mendapat skor buruk dalam ukuran hubungan sosial.

Tekanan Darah Tinggi

Dalam jurnal Psychology and Aging tahun 2010, orang yang mengalami kesepian mungkin lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi. Namun, hubungan sebab akibat antara keduanya belum sepenuhnya dipahami.

Penurunan Kognitif dan Demensia

Kesepian jadi penyebab menimbulkan tantangan unik bagi para orang lanjut usia, menurut laporan National Academies of Sciences, Engineering and Medicine Februari 2020. Hal tersebut karena faktor seperti hidup sendiri atau kehilangan keluarga juga teman menaikkan risiko kesepian.

Itulah beberapa resiko kesehatan yang terjadi pada orang kesepian. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda kesepian. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar