Iklan Banner Sukun
Ragam

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan

(Foto: Kelly Sikkema, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sudah yakin dengan kebiasaan-kebiasaan yang menjadi rutinitas harian? Ada beberapa kebiasaan yang ternyata tanpa disadari akan merusak kesehatan. Memang, kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol bisa musah merusak kesehatan.

Namun selain itu, masih ada banyak kebiasaan sehari-hari yang mungkin jarang disadari bisa banget merusak kesehatan. Salah satu contoh gampangnya, begadang. Selain mengganggu kesehatan fisik, kebiasaan ini bisa berefek juga pada kesehatan psikis. Berikut ini ulasan lebih lanjutnya.

1. Mengenang Masa Lalu yang Pahit

Mengenang masa lalu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Apalagi yang dikenang adalah hal yang pahit. Sebab, makin banyak memikirkan peristiwa lalu hanya akan membuat stres.

Bahkan besar kemungkinan bisa menyebabkan Anda mengalami depresi. Coba fokus saja untuk menikmati hari ini dan merencanakan masa depan.

2. Suka Mengeluh

Ternyata, suka berbicara dengan orang lain dalam hal negatif bisa meningkatkan hormon stres, khususnya hal ini rawan terjadi pada perempuan. Sebenarnya berbicara dengan teman bisa membantu mengurangi stres, namun jika arah pembicaraan tentang kesulitan diulang terus, justru akan meningkatkan kadar emosi negatif.

3. Suka Mengkritik Diri Sendiri

Jika Anda punya Hobi menyalahkan diri sendiri saat melakukan kesalahan, segera tinggalkan kebiasaan itu. Sebab, mengkritik diri sendiri terlalu keras bisa merusak kesehatan, khususnya mental. Kebiasaan ini juga akan meningkatkan gejala depresi.

4. Begadang

Untuk urusan begadang memang banyak yang punya kebiasaan ini. Terutama anak milenial yang saat ini masih masa kuliah. Namun kebiasaan ini tidak ada baiknya sama sekali.

Bukan hanya mengganggu kesehatan fisik saja, tapi bisa berakibat pada kesehatan mental. Sebaiknya hentikan kebiasaan begadang tidak penting, lebih baik tidur dan istirahat yang cukup.

5. Makan berlebihan

Nikmatilah makanan secara perlahan, jangan makan seperti orang belum makan bertahun-tahun. Sebab, makan berlebihan bisa membuat kelebihan berat badan yang akhirnya meningkatkan datang berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke, osteoartritis, sleep apnea, kanker, dan penyakit ginjal.

Masih suka melakukan kebiasaan tersebut? Sebaiknya ubahlah pola hidup Anda demi masa depan yang cerah dan produktif. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati