Iklan Banner Sukun
Ragam

Hari Malaria Sedunia, Ini Tanaman Herbal yang Bantu Redakan Gejalanya

Ilustrasi nyamuk malaria yang membawa penyakit. (Sumber foto: Anuj/pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan 25 April sebagai Hari Malaria Sedunia. Peringatan ini pun sudah berlangsung sejak tahun 2007, yang mana merupakan bentuk kampanye bagi dunia dalam mengendalikan dan memberantas penyebaran penyakit ini.

Malaria sendiri merupakan penyakit serius, menyebabkan lebih dari 200 juta orang terjangkit malaria setiap tahunnya.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit bernama Plasmodium falciparum, umumnya ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk. Ketika kalian digigit oleh nyamuk yang membawa parasit tersebut, makanparasit itu juga akan tumbuh dan berkembang dalam tubuh kalian.

Tak hanynitu, malaria juga dapat menular melalui bayi dari ibunya atau saat transfusi darah. Penyakit ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati. Gejalanya meliputi demam, berkeringat, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, mual, dan muntah.

Meski malaria bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat, tak ada salahnya untuk mencoba tanaman-tanaman herbal ini untuk membantu meredakan gejala-gejala malaria. Apa saja? Simak berikut ini ya!

1. Jahe

Hati menjadi tujuan parasit bermukim ketika masuk ke tubuh. Di sanalah ia berkembang biak dan dalam beberapa hari akan masuk ke dalam aliran darah sehingga menginfekai sel darah merah.

Jahe menjadi salah satu tanaman alami yang dirasa ampuh untuk meredakan gejala malaria. Rempah satu ini memiliki komponen antibakteri dan antiinflamasi yang akan mengurangi rasa nyeri dan mual. Selain itu, jahe mudah sekali ditemukan. Rasanya di setiap dapur pasti memiliki jahe.

2. Kunyit

Kunyit juga merupakan rempah-rempah yang dipercaya bisa mengobati banyak penyakit. Sama halnya dengan jahe, kunyit mengandung komponen antioksidan dan antibakteri yang bisa membersihkan tubuh dari racun dari infeksi. Kunyit juga membantu menghancurkan parasit malaria. Lebih dari itu, kunyit bisa meredakan gejala malaria seperti nyeri otot dan sendi.

3. Temulawak

Lebih dikenal dengan sebutan curcuma, obat herbal satu ini memiliki manfaat untuk meningkat napsu makan secara efektif. Selain itu, temulawak juga bisa mengobati penyakit hepatitis. Nyatanya, kandungan senyawa antiperadangan yang dimiliki temulawak juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit malaria.

4. Kayu Manis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, malaria memiliki gejala berupa demam tinggi, menggigil, berkeringat, muntah-muntah, diare, nyeri otot, hingga pusing. Untuk meringankankannya, maka dianjurkan mengonsumsi kayu manis.

Ini karena kayu manis memiliki komponen antiperadangan, antioksidan, sekaligus antibakteri yang bisa meredakan gejala-gejala malaria. Campurkan saja kayu manis ke dalam air hangat, dan tambahkan madu untuk menambah rasa manisnya. Agar lebih maksimal, kalian bisa menyeduhnya dua kali sehari.

5. Daun pepaya

Kalian pasti pernah menjumpai atau bahkan menyatap sayuran yang satu ini. Yap! Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang diolah pada saat masih muda menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Siapa sangka, ternyata daun pepaya muda juga mampu mengatasi penyakit malaria.

Untuk membuatnya, cukup dengan mengambil 2/3 genggam daun pepaya yang masih setengah muda. Cuci bersih dan tumbuk sampai halus, bisa juga diblender. Tambahkan air hangat sebanyak 3/4 cangkir, tambahkan garam. Peras, kemudian saring airnya dan minum 3 kali sehari.

6. Jus jeruk nipis

Jus jeruk nipis memang sudah dipercaya akan khasiatnya melawan berbagai penyakit, tak terkecuali malaria. Jeruk nipis mengandung banyak zat penting, seperti vitamin C, yang mana akan membantu meredakan gejala malaria.

7. Biji fenugreek

Salah satu gejala malaria adalah demam, yang akan membuat penderitanya merasa lemas tak berdaya. Biji fenugreek dipercaya bisa mengobati malaria dengan cepat, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memerangi parasit malaria.

Mengolahnya pun mudah saja, cukup dengan merendam biji fenugreek dalam air panas semalaman, kemudian minum airnya dalam keadaan perut kosong.

Itu tadi adalah beberapa tanaman herbal yang bisa membantu mengobati malaria. Sangat mudah ditemukan bukan?(mnd/ian).


Apa Reaksi Anda?

Komentar