Iklan Banner Sukun
Ragam

Hari Lemon Chiffon Cake, Ini Resep Mudahnya yang Bisa Dicoba

(Sumber foto: Shvets Production/pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – 29 Maret bisa dibilang sebagai hari Lemon Chiffon Cake, sangat unik bukan? Peringatan ini rupanya diadakan untuk merayakan rasa cinta terhadap kue lemon chiffon yang nikmat. Yang mana resepnya ditemukan oleh Harry Baker pada tahun 1927.

Sejarah singkatnya, Baker merahasiakan resep tersebut selama lebih dari 20 tahun. Hingga akhirnya ia menjual resep tersebut kepada Betty Crocker pada tahun 1947. Sampai saat ini, kue lemon chiffon menjadi salah satu makanan ringan terlaris dan menjadi favorit banyak orang.

Tak perlu khawatir, kalian juga bisa loh ikut membuat lemon chiffon cake ini, tentunya dengan bahan yang sederhana dan langkah yang mudah. Langsung saja, ikuti cara-cara berikut ya!

Bahan – bahan:

· 3 butir telur, bagian kuning dan putih dipisah

· 1 buah lemon

· 80 gr gula halus

· 72 gr tepung kue

· 1 sdt baking powder

· 3 sdm minyak sayur

· 1 sdt cream of tartar

· 1-4 sdt ekstrak vanilla

· Garam secukupnya

Langkah:

1. Campurkan kuning telur dan gula dalam satu wadah. Aduk dengan whisk hingga berubah menjadi kuning pucat

2. Tambahkan minyak sayur dan parutan kulit lemon

3. Dalam wadah terpisah, peras air lemon dan tambah air secukupnya. Lalu air tersebut dimasukkan dalam adonan kuning telur bersama dengan baking powder. Aduk hingga seluruh bahan tercampur rata

4. Siapkan adonan terpisah lainnya untuk mencampurkan putih telur dan cream of tartar. Kocok menggunakan mixer hingga muncul gelembung

5. Secara bertahap, tambahkan gula 3 – 4 bagian sembari terus dikocok

6. Setelah 30 detik, tambah kecepatan mixer di tingkat high. Aduk selama 3 – 4 menit lalu matikan jika sudah tercampur rata. Usahakan jangan sampai adonan meringue ini berubah tekstur menjadi kaku

7. Secara bertahap, tuang adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur. Ambil 1-4 bagian, lalu aduk hingga rata. Usahakan mengaduk adonan dengan gerakan searah dan jangan terlalu sering.

8. Jika kedua adonan sudah tercampur rata, tuang dalam loyang dan panggang dalam oven dengan suhu 170 C, dengan waktu kurang lebih 40 – 50 menit.

9. Pada menit ke-15, keluarkan kue lalu sobek bagian permukaan dengan pisau. Ini bertujuan agar kue dapat mengembang secara merata. Setelahnya panggang kembali hingga matang

10. Setelah matang, diinginkan terlebih dahulu selama 1 jam dalam loyang. Ini agar chiffon cake tidak langsung mengempis setelah di panggang.

11. Jika sudah dingin, kalian bisa melepas kue dari cetakan dan lemon chiffon cake siap dihidangkan!

Bagaimana? Mudah kan? Selamat mencoba ya! (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar