Iklan Banner Sukun
Ragam

Hari Ini Ulang Tahun! Begini Sejarah, Rute hingga Harga Tiket Kereta Api Argo Bromo Anggrek

Ilustrasi kereta api Argo Bromo Anggrek. (Sumber foto : Instagram @nurwiratirta1517)

Surabaya (beritajatim.com) – Tepat pada hari ini merupakan 25 tahun Kereta Api Argo Bromo Anggrek beroperasi. Kereta api Argo Bromo Anggrek (disebut pula sebagai Argo Anggrek) merupakan layanan kereta api penumpang kelas eksekutif dan luxury yang dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia untuk melayani rute Surabaya Pasarturi–Jakarta Gambir dan sebaliknya.

Nama Bromo diambil dari nama gunung api Gunung Bromo di Jawa Timur. Nama Anggrek berasal dari nama bunga asal Indonesia yaitu, bunga Anggrek.

Kereta ini merupakan kereta kelas 1 di Indonesia karena memiliki nomor perjalanan 1-4 dalam Grafika Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2022. Kereta api ini menempuh jarak sejauh 720 km dalam waktu sekitar 8 jam 10 menit. Ini merupakan kereta paling cepat di rute Surabaya-Jakarta.


Kereta ini dibagi menjadi dua berdasarkan waktu keberangkatannya, yaitu Kereta Argo Bromo Anggrek Malam dan Kereta Argo Bromo Anggrek Pagi.

Untuk kereta kelas eksekutif dari Argo Bromo Anggrek ini memiliki 50 tempat duduk disusun 2–2. Masing-masing kursi ini memiliki fungsi reclining seat dan rotary seat. Kursi sudah dilengkapi dengan sandaran kaki.

Selain itu terdapat stop kontak di setiap kursi, audio jack 3.5 mm, lampu baca, meja kecil, bantal, dan selimut.dan kursi dapat direbahkan dan diputar.

Sedangkan di kelas Luxury, 18 tempat duduk disusun 1–1 dan kursi tidak dapat diputar namun dapat direbahkan hingga 180°. Masing-masing kursi ini memiliki fungsi reclining seat dan rotary seat. Kursi sudah dilengkapi dengan sandaran kaki. Selain itu terdapat stop kontak di setiap kursi, audio jack 3.5 mm, lampu baca, meja kecil, bantal, dan selimut.

Sejarah KA Argo Bromo Anggrek
Sejarah kereta api berkelajuan tinggi di Indonesia diawali dengan peluncuran kereta api JS950 Argo Bromo yang diresmikan oleh Presiden Indonesia saat itu, Soeharto, pada 31 Juli 1995, bertepatan dengan Hari Teknologi Nasional—nama “JS950” berarti “kereta api lintas Jakarta–Surabaya menempuh waktu 9 jam, diluncurkan pada peringatan 50 tahun kemerdekaan Republik Indonesia”.

Pada 24 September 1997, Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) meluncurkan kereta api Argo Bromo Anggrek, beroperasi menggunakan rangkaian kereta yang dilengkapi bogie CL243 bolsterless (K9)—bogie yang dikembangkan bersama Alstom menggunakan suspensi udara sehingga dapat melaju hingga 120 km/jam dengan sedikit guncangan.

Pada tahun 2018, Kereta api Argo Bromo Anggrek melayani kelas Luxury. Rangkaian kereta kelas eksekutif baja nirkarat buatan INKA mulai dipakai untuk pengoperasian kereta api ini pada 2019, sementara rangkaian kereta buatan tahun 1997 dan 2001 dialihkan ke Depo Kereta Semarang Poncol (SMC) untuk pengoperasian kereta api Argo Sindoro dan Argo Muria.

Pada akhir 2019 hingga 2020, kereta api ini mengalami penambahan jumlah pemberhentian sehingga melayani penumpang di Stasiun Bojonegoro dan Stasiun Pekalongan.

Pada 24 September 2021 bertepatan Ulang Tahun ke 24 tahun kecepatan maksimal kereta api Argo Bromo Anggrek kembali ditingkatkan menjadi 120 km/jam sehingga mempersingkat waktu tempuh sekitar 20 menit dari jadwal perjalanan sebelumnya. Oleh karena itu, perjalanan dari Surabaya menuju Jakarta dan sebaliknya dapat ditempuh sekitar 8 jam 10 menit.

Berikut Rute Kereta Argo Bromo Anggrek
Gambir – Cirebon – Pekalongan – Semarang Tawang – Bojonegoro – Pasar Turi Surabaya.

Harga Tiket Argo Bromo Anggrek
Eksekutif (J): Rp 440.000
Eksekutif (I): Rp 490.000
Ekskutif (H): Rp 550.000
Eksekutif (A): Rp 620.000
Eksekutif (AA): Rp 685.000
Luxury Sleeper: Rp 1.050.000
(dae/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar