Iklan Banner Sukun
Ragam

Hari Guru Nasioal, Ini Tipe-Tipe Guru Versi Anak Milenial

(Foto: National Career, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap 25 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan ini bertepatan dengan momentum ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Guru memang memiliki peran penting bagi kehidupan pribadi dan sosial. Sebab, guru adalah orang yang mendidik dan mentasfer pengetahuan ke para penerus bangsa. Sehingga apresiasi peringatan hari guru layak dilakukan.

Bagi generasi milenial guru punya citra tersendiri. Sebagai generasi yang akrab dengan teknologi, juga berbagai perkembangan yang ada generasi milenial memiliki perspektif tersendiri pada sosok guru. Berikut ini karakteristik guru berdasarkan pandangan anak milenial.

Guru Buron

Guru buron ini yang paling dilirik dan dipertanyakan bahkan dicari-cari. Guru yang bisa datang kapanpun dan juga pulang sebelum jam selesai atau bahkan hanya absen aja.

Kadang juga saat momen-momen penting tiba-tiba hadir. Guru buron sering diidentikkan dengan guru yang hadir kapan saja di mana saja setiap ada acara penting sekolah.

Guru Ngapung

Guru yang pergi ke sekolah hanya untuk mengajar lalu pulang, di singkatlah Ngapung. Tugasnya sebagai guru hanya sebatas transfer ilmu, diluar itu bukn jadi urusan. Guru ngapung ini yang penting mengajar sudah menuntaskan kewajiban.

Guru Tenggo

Tipe guru ini saat mendengar bel pulang sekolah ‘teng’ langsung ‘Go’ untuk pulang ke rumah. Sangat tepat waktu dan disiplin, tapi jika ada agenda sekolah setelah jam belajar selesai mungkin cukup sulit. Tipe guru ini punya skala prioritas baik bagi siswa maupun teman sejawatnya.

Guru Kuncen

Sebutan bagi ‘guru kuncen” karena tipe guru ini adalah yang paling rajin ada di sekolah mulai dari pagi hingga sore menjelang magrib. Tipe guru yang sangat totalitas, bahkan tidak mudah menyerah dalam segala tantangan yang ada di sekolah.

Guru Profesional

Tipe guru yang ideal dan banyak diidam-idamkan sekolah, kolega guru, orang tua, juga siswa. Untuk mendapatkan predikat guru profesional diperlukan skill dan integritas yang tinggi. Syarat dari guru idaman ini harus terus belajar, disiplin, dan sabar.

Itulah beberapa jenis guru yang mendapat predikat dari generasi milenial. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar