Iklan Banner Sukun
Ragam

Hari AIDS Sedunia, Ini Deretan Artis yang Akui Idap HIV-AIDS

(Foto: Instagram, @freddiemercury)

Surabaya (beritajatim.com) – Hari ini, tepatnya pada 1 Desember, seluruh dunia sedang memperingati Hari AIDS. Hal ini untuk mengingatkan kepada banyak orang bahwa penyakit HIV/AIDS belum ada obatnya.

Sekaligus menjadi gerakan untuk mengedukasi masyarakt bahawa ODHA, atau mereka yang mengidap AIDS adalah manusia dan tidak perlu dijahui. Apalagi, meskipun menular, AIDS hanya bisa menyerang orang ain dengan metode tertentu.

Penyakit ini tidak akan menular jika hanya melalui mengobrol bersama atau bahkan berpelukan. AIDS baru bisa menular jika terjadi kontak cairan tubuh melalui hubungan seksual atau dari darah.

Pengidap AIDS memang sering mendapatkan diskriminasi. Terlebih mereka yang terkena penyakit ini sering dianggap sebagai orang kotor. Meski begitu, ada sederet artis yang berani mengutarakan bahwa mereka mengidap penyakit yang mematikan ini.

Berikut adalah selebriti yang sudah berjuang untuk hidup dengan HIV/AIDS.

1. Freddie Mercury

Freddie Mercury adalah sosok yang legendaris. Selama bertahun-tahun, ia menyimpan rapat kondisinya yang sudah terserang HIV. Bahkan, dari teman-teman band-nya di Queen.

Ia baru buka suara ketika mendekati akhir usia. Mulanya ia menyampaikan rahasia tersebut ke teman-teman di Queen dan disambut dengan pelukan serta dukungan.

Ia kemudian menyampaikan fakta tersebut ke masyarakt umum beberapa hari sebelum meninggal. Terutama agar masyarakat tahu bahaya dari penyakit tersebut.

2. Jonathan Van Ness

Ia baru berusia 25 tahun saat pertama kali didiagnosis menderita HIV/AIDS. Tujuh tahun kemudian, ia baru membuka fakta tersebut ke publik. Tepatnya melalui buku biografinya, Over The Top.

Trauma masa remaja akibat kekerasan seksual lah yang embuat Jonathan terjerumus ke dunia gelap tersebut. Ia sering melakukan hubungan seksual secara sembarangan dan mengonsumsi obat-obatan terlarang.

3. Charlie Seen

HIV adalah penyakit yang memalukan. Inilah yang diyakini oleh Charlie. Ia bahkan membayar mereka yang tahu atas kondisinya sebagai pengidap HIV untuk tutup mulut. Jumlahnya pun cukup besar.

Empat tahun setelahnya, ia baru terbuka ke publik dan mengampanyekan hubungan seks yang lebih sehat. Ia pun jadi duta dari sebuah merek kondom dan lembaga advokasi yang rutin mengkampanyekan pentingnya melakukan hubungan seksual secara aman.

4. Magic Johnson

Pensiun dari dunia basket professional karena HIV, Magic Johnson tak pernah menutupi kondisinya dari publik. Ia secara terbuka menyatakan sebagai pengidap AIDS sejak tahun 1991.

Mantan pemain Lakers ini pun aktif menjadi pembicara yang mengkampanyekan mengenai bahaya AIDS sejak saat itu. Ia bahkan mendirikan Magic Johnson Foundation untuk mencegah menyebarnya virus HIV/AIDS. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar