Ragam

Hal yang Wajib Diketahui Saat Menyusui di Kala Pandemi

Surabaya (beritajatim.com.) – Pandemi ini berjalan kurang lebih dua tahun dan belum ada gambaran bagaimana akan mereda, manusia dan peradaban dipaksa untuk adaptasi sangat cepat pada sendi-sendi kehidupan mereka, pandemi ini juga membahayakan Ibu hamil dan menyusui, mereka juga rentan terkena virus Covid-19. Berikut hal wajib yang perl diketahui bagi Ibu menyusui di kala pandemi.

Belum ada catatan banyak bahwa ASI akan yang diberikan kepada bayi tidak menyebarkan virus Covid-19. Bahkan dilansir dari Heathline, dua studi kasus dari China melaporkan bahwa virus corona baru tidak ditemukan dalam ASI dari salah satu wanita yang menjadi sakit dengan Covid-19 di akhir trimester terakhir mereka.

Kedua wanita itu memiliki bayi sehat yang tidak memiliki infeksi virus corona. Namun karena penelitiannya yang sangat sedikit, baiknya memang memahami hal-hal wajib yang dijadikan pedoman sesaat sebelum dan sesudah mnyusui bagi para Ibu seperti:

Cuci tangan

Anda akan mencuci tangan dengan hati-hati sebelum menyentuh bayi Anda. Sekarang, sangat penting untuk sering mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah Anda mengambil bayi atau memegang botol bayi dan perlengkapan bayi lainnya.

Pakai masker

Mungkin Anda sudah terbiasa memakainya saat pergi keluar, tapi di rumah Anda sendiri?! Jika Anda sedang menyusui, maka ya. Jika Anda memiliki gejala COVID-19 atau bahkan memiliki firasat bahwa Anda mungkin memilikinya, kenakan masker saat Anda menyusui bayi Anda. Pakailah bahkan jika Anda tidak memiliki gejala.

Juga, kenakan masker saat Anda menggendong, mengganti pakaian, atau berbicara dengan bayi Anda. Ini mungkin tidak nyaman bagi Anda – dan mengejutkan atau mengalihkan perhatian si kecil pada awalnya – tetapi ini dapat membantu mencegah infeksi virus corona.

Penggunaan desinfektan

Bersihkan dan semprot pakai desinfektan apa pun yang Anda sentuh dengan pembersih berbahan dasar alkohol. Ini termasuk meja, meja ganti, botol, dan pakaian. Juga, bersihkan permukaan yang belum Anda sentuh yang mungkin memiliki tetesan udara.

Bersihkan dan semprotkan desinfektan dengan hati-hati segala sesuatu yang mungkin menyentuh bayi Anda. Virus ini bisa bertahan di beberapa layanan hingga 48 hingga 72 jam!

Kedua cara tersebut merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh Ibu yang sedang menyusui di kala pandemi seperti ini agar anak bayi tidak sampai terkena virus covid-19 yang semakin masif penyebarannya. [dep/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar