Iklan Banner Sukun
Ragam

Hal-Hal Ini Perlu Anda Perhatikan Sebelum Oversharing di Media Sosial

(Foto: Eaters Collective, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin terlihat sepele. Menyebarkan kegiatan sehari-hari kita di media sosial. Atau juga kegelisahan dan cerita-cerita kehidupan kita di media tersebut. Selain untuk mendapatkan dukungan dari teman-teman di media sosial, juga kadang untuk mencari perhatian.

Namun,mulailah berhati-hati dan memperhatikan apa saja yang kita bagikan di sana. Jangan sampai kita melakukan oversharing. Yakni membagikan secara berlebihan kehidupan pribadi dan informasi-informasi personal di media sosial.

Sebab, di masa yang semakin canggih ini, hal-hal sederhana tersebut bisa disalah gunakan oleh orang lain. Dan ini bisa menimbulkan hal-hal berbahaya bagi diri kita sendiri. Alangkah baiknya, perhatikan beberapa hal ini sebelum oversharing masalah personal di media sosial.

1. Apa tujuan membagikan cerita ini?

Apakah sebagai cerita inspirasi atau pembelajaran kepada orang lain yang mungkin mengalami hal serupa, atau hanya untuk mencari simpati mencari dukungan atau bahkan pembenaran dari orang lain. Apalagi jika tujuanmu hanya untuk mencari perhatian, pamer, atau sekadar meluapkan perasaan emosimu saja maka lebih baik tidak membagikan di media sosial.

2. Apakah ini bermanfaat bagi orang lain atau malah membuat tidak nyaman?

Tidak semua orang siap dan punya kewajiban mendengarkan, membaca, menonton detail personal hidup. Ada kalanya permasalahan yang kamu hadapi tidak ada gunanya untuk mereka atau malah membebani mereka yang tidak punya hubungan sedekat itu denganmu. Jika memungkinkan hal itu terjadi, kamu bisa mengirim kisah di media sosial hanya untuk beberapa orang saja.

3. Apakah ini bisa berdampak buruk pada dirimu sendiri dan orang-orang yang terlibat di dalamnya?

Saat kamu membagikan keburukan pasangan atau mertua (jika sudah menikah), pun juga membagikan curhat panjang soal bos dan rekan kantor, menjelek-jelekkan teman, atau bahkan cerita soal urusan dengan suami, coba pertimbangkan dahulu. Karena semua itu pada dasarnya adalah hal yang tidak perlu diumbar. Coba perimbangkan lagi apa konsekuensi yang mungkin terjadi bila kamu membagikannya di media sosial.

4. Haruskah dibagikan melalui media sosial, atau sebetulnya bisa diceritakan saja pada orang terdekat

Kamu pasti punya orang terdekat yang kamu percayai, atau bisa jadi masalah yang kamu punya bisa disimpan sendiri. Butuh tempat curhat dan mau minta pendapat boleh saja, tetapi coba pertimbangkan baik-baik, kepada siapa dan di mana kamu perlu menceritakan masalah itu. Karena salah memilih orang bisa berakibat kamu salah mengambil keputusan.

Membagikan terlalu banyak detail pada banyak orang bahkan bisa membuatmu mendapat masalah dengan orang-orang yang disebutkan, bahkan bisa memperkeruh masalah yang ada. Jadi bijak ketika bercerita di sosial media itu perlu jadi pemikiran. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar