Iklan Banner Sukun
Ragam

Hal-Hal Ini Bisa Anda Lakukan Agar Anak Belajar Mandiri

(Foto: Pescea, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Menjadi orang tua selalu menjadi tantngan tersendiri. Terutama bagi mereka yang baru menikah dan baru memiliki anak. Pasti ada kekhaawatiran mengenai bagaimana pola asuh yang baik agar perkembangan anak bisa berjalan dengan maksimal.

Bagi orang tua, proses mendidik anak selalu jadi hal yang mengesankan dalam hidup. Proses tersebut bahkan akan selalu dikenang hingga sang buah hati menginjak usia dewasa. Salah satu keinginan orang tua dalam mendidik adalah agar menjadi anak mandiri.

Proses mencapai kemandirian bagi seorang anak memang butuh waktu yang panjang, orang tua pun harus konsisten melakukannya. Misalnya dengan mengenalkan anak pada hal-hal baru atau memberinya kepercayaan dalam menentukan sikap dan pilihan. Kedua hal itu bisa menjadi cara ampuh untuk mendorong anak tumbuh mandiri. Selain itu, beberapa cara berikut bisa dilakukan orang tua agar harapan memiliki anak mandiri bisa tercapai.

Perkenalkan anak pada hal yang baru.

Upaya pertama yang harus dilakukan orang tua guna mendidik anak menjadi pribadi mandiri yakni berusaha mengenalkan pada hal-hal yang baru. Langkah ini bisa membuat anak tidak takut dalam menentukan keputusan. Dengan mengenalkan pada hal baru anak juga semakin tertantang untuk belajar dan mengeksplorasi dunianya.

Ajari anak agar bisa menentukan pilihannya sendiri.

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban untuk tidak lagi memaksakan kehendak anak dalam mengambil pilihan tertentu. Ini bisa dimulai dari hal sederhana misalnya saat mengajak anak untuk memilih tempat liburan, tempat makan, atau yang lain. Sebab, jika orang tua terlalu mengekang anak bisa membuat anak tidak nyaman, bahkan bisa tidak ikhlas guna menjalani kewajibannya.

Hargai dan beri apresiasi setiap usaha yang dijalani anak

Pada saat tahap perkembangan, seorang anak berhasil menumbuhkan sikap mandiri dan mandiri, maka orang tua perlu memberi apresiasi. Apresiasi bisa berupa pujian, atau memenuhi keinginan buah hati. Di samping itu, jangan memarahi anak saat mengalami ketidak berhasil. Saat anak mengalami kegagalan, anak juga pantas memperoleh pujian dari orang tua. Dengan ini akan tumbuh rasa percaya diri dari seorang anak.

Jangan suka membandingkan dengan yang lain

Orang tua yang baik harusnya percaya, setiap usaha yang dijalankan anak merupakan proses guna memperoleh hasil yang diinginkan. Tujuannya, agar buah hati bisa belajar dari kegagalan maupun keberhasilan.

Dengan beberapa upaya juga bersabar pada proses, pada akhirnya anak bisa menjadi mandiri di waktu yang tepat. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar