Ragam

Google Akan Hapus Gmail, Begini Cara Agar Email Kamu Tidak Hilang

Ilustrasi Gmail yang akan dihapus Google. (Sumber foto: Taryn Elliott, Pexels)
Ilustrasi Gmail yang akan dihapus Google. (Sumber foto: Taryn Elliott, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam waktu dekat Google akan melakukan kegiatan bersih-bersih Gmail. Di mana akun Gmail yang tidak pernah digunakan selama dua tahun lebih akan secara otomatis hilang dan terhapus.

Dalam blog resminya, Google menyebutkan bahwa penghapusan akun Gmail mulai dilakukan pada Desember 2023 mendatang. Namun, hal tersebut hanya terjadi pada pengguna Gmail gratis yang tunduk pada kebijakan baru. Adapun akun milik sekolah, kantor, dan lainnya akan tetap aman meskipun tidak lagi aktif.

Langkah ini dilakukan Google semata untuk keamanan. Terlebih agar Gmail pribadi pengguna tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab, seperti pencurian data hingga kejahatan siber lainnya.

“Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi dalam beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi ini akan di kirim ke email utama dan email recovery (jika tersedia),” tulisnya.

Baca Juga: Perbaikan Jalan di Pulau Bawean Tuntas Tahun 2023

Bahkan tak hanya Gmail saja yang akan dihapus, melainkan juga semua produk Google Workspace, seperti Calendar, Docs, Drive, hingga Meet. Hal yang sama juga terjadi pada akun YouTube dan Google Photos. Semuanya akan terhapus jika pemgguna tidak melakuian aktivitas apapun selama dua tahun.

Sehingga untuk menghindari hal itu, perlu adanya aktivitas tertentu pada alamat Gmail. Adapun enam tips yang disarankan oleh Google agar Gmail Anda tidak hilang terhapus, di antaranya sebagai berikut;

1. Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim pesan
2. Manfaatkan penyimpanan Google Drive
3. Gunakan akun untuk menonton video dan aktivitas lainnya di YouTube
4. Unduh aplikasi melalui Google Play Store
5. Browsing dengan Google Search
6. Masuk menggunakan Google ketika menggunakan aplikasi, platform, atau layanan pihak ketiga

Baca Juga: Eri Cahyadi Bocorkan Hasil Rapat Bersama Menhub Budi Karya

Tak hanya itu, pengguna juga dapat menggunakan akun Google untuk berlangganan publikasi berita, aplikasi, hingga Google One, karena hal ini juga bisa terhitung sebagai aktivitas. Adapun yang paling penting agar akun Anda dianggap aktif ialah dengan masuk ke Foto Google setiap dua tahun. (fyi/ian)


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Apa Reaksi Anda?

Komentar