Iklan Banner Sukun
Ragam

Gila Kerja! Berikut 5 Ciri Orang yang Workaholic yang Berakibat Sakit Mental

Ilustrasi workaholic: orang yang gila pada pekerjaan (Alex Kotliarsyki, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Workaholic atau gila kerja mungkin istilah ini sudah banyak dibicarakan. Workaholic memiliki ciri-ciri utama yang bisa jadi ada pada diri Anda.

Jika Anda sedang mengalami beberapa ciri workaholic, sebaiknya lakukan evaluasi diri. Karena perilaku ini berakibat buruk bagi kesehatan mental. Dilansir dari YourTango berikut ini 5 ciri orang yang workaholic.

1. Apapun yang Terjadi, Kerja Prioritas Utama

Pertama memprioritaskan pekerjaan di atas segalanya. Apapun yang terjadi, mereka bakal menomorsatukan pekerjaan. Baik itu tanggal merah, mereka bisa jadi akan menyempatkan diri untuk mengurus pekerjaan. Jarang ada kesempatan yang sepenuhnya untuk libur dan berhenti sejenak dari pekerjaan.

2. Kalau Tidak Kerja, Terasa Ada yang Kurang

Seseorang yang workaholic, mereka pasti terbiasa sibuk. Saat mereka tidak bekerja,
biasanya akan merasa bingung dan bahkan bisa saja mengalami stress. Sehingga, mereka akan mencari kesibukan untuk mengalihkan perhatiannya tersebut.

3. Ambisius

Ciri ketiga yaitu seorang workaholic biasanya sangat ambisius. Mereka punya kecenderungan ingin memberikan dan jadi yang terbaik. Masalahnya, banyak yang kadang tidak dapat mengikuti ritme kerjanya. Jadi, orang-orang bisa kesal dengan dia akibat hal ini.

4. Mengorbankan Kehidupan Pribadi

Dengan mengutamakan pekerjaan di atas segalanya, secara otomatis para workaholic ini akan mengorbankan kehidupan pribadi. Sudah tidak ada waktu lagi untuk mengurus keluarga atau sekedar bercengkrama dengan teman. Bahkan, tidak ada lagi waktu untuk diri sendiri.

5. Biasanya Tidak Sadar Jika Seorang Workaholic

Karena menurut orang yang sudah workaholic apa yang dilakukannya bukan hal yang aneh, jadi biasanya mereka tidak akan sadar jika mereka itu sebenarnya workaholic. Yang ada, mereka akan menganggap dirinya baik-baik saja dan merasa bekerja keras saja untuk hidupnya.

Bagi seorang workaholic, sebenarnya ini akan sangat menguras fisik maupun mental. Jika dirasa kebiasaan workaholism Anda ini sudah sangat mengganggu kesehatan fisik dan mental sampai-sampai Anda stres dan depresi. Itu tandanya Anda harus berhenti sepenuhnya dan memulai hidup dengan cara baru. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar