Iklan Banner Sukun
Ragam

Genap Berusia 30 Tahun, Ini Kisah Perjalanan Karir Lay EXO

(Foto: Instagram, @layzhang)

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu member boy group legendaris EXO, Lay, tengah merayakan hari ulang tahun pada 7 Oktober ini. Meskipun terlihat seperti masih remaja, ternyata ia kini genap berusia 30 tahun. Para EXO-L, sebutan fans EXO pun turut merayakan hari ulang tahun sang idola.

Mulai dari meramaikan tagar media sosial, sampai membuat project seru untuk memeriahkannya. Nah, untuk mengenal lebih dekat sosok Lay, mari kita telusuri perjalanan karirnya secara singkat.

Pria bernama asli Zhang Yi Xing ini ternyata merupakan orang asli Tiongkok dan besar di sana. Bakatnya di bidang seni pun telah ia tunjukkan sedari kecil, yakni saat ia bermain film berjudul We The People pada tahun 1998 di usianya yang ke-6 tahun. Dari situlahnya ia melebarkan sayapnya di industri hiburan. Lalu saat usianya Sembilan tahun, ia ikut berperan dalam sebuah TV show Tiongkok.

Lay mulai menekuni bidang tarik suara ketika ia berhasil meraih juara ketiga dalam suatu kompetisi menyanyi anak di Provinsi Hunan, Tiongkok pada tahun 2005. Dan di tahun 2006 pun ia masih mencoba mengikuti audisi sebuah serial TV, namun sayang usahanya masih belum beruntung.

Sebelum debut bersama EXO, siapa sangka bahwa Lay pernah tampil dengan boy group SHINee di tahun 2011. Namun, hal ini hanya dikarenakan Lay harus menggantikan salah satu member yang cidera pada saat itu, yakni Jounghyun. Barulah di tahun 2012 ia secara resmi diperkenalkan sebagai member keempat di sub unit EXO-M. Ia juga tergabung dalam project dance milik sang agensi, yakni SM The Performance, itu artinya ia merupakan salah satu dancer terbaik di SM. Nama Lay pun semakin melejit setelah album pertama rilis.

Karirnya tak berhenti sampai disitu, di tahun 2015, pelantun ‘I’m Lay’ ini bergabung sebagi anggota pemeran regular sebuah acara televisi realitas milik Tiongkok, berjudul ‘Go Fighting!’. Di waktu yang bersamaan, Lay juga turut berkecimpung dalam pembuatan lagu Promise dari album kedua EXO.

Karirnya di dunia akting pun terus berlanjut, ketika kemudia ia membintangi film besar berjudul Ex Files 2: The Backup Strikes Back. Lewat film ini, ia memperoleh penghargaan sebagai Best Supporting Actor Award di tahun 2016.

Pria kelahiran 1991 ini cukup banyak membintangi film-film, terutama sinema asal Tiongkok, Selain itu, salah satu drama yang ia mainkan dan sangat populer adalah drama berjudul Operation Love, yang memiliki 32 episode. Penghargaan demi penghargaan berhasil ia bawa pulang, termasuk piala Most Popular Newcomer pada Top Chinese Music Award yang ke-16.

Di tahun 2016, karir solo Lay dimulai. Ia meluncurkan lagu berjudul What U Need? tepat di hari ulang tahunnya. Ia bahkan merilis album solo mininya yang bertajuk Loose Control. Lalu, di tahun 2018, Lay debut di Amerika dengan album ketiganya yang berjudul NAMANANA. Album melambung tinggi meskipun masih dalam tahap pre-order, yang artinya, sudah banyak penggemar menunggu karya-karya Lay.

Meski kini sudah tidak terlalu aktif di EXO, Lay masih menunjukkan kesetiaannya, baik pada member EXO yang lain atau pada penggemar setianya. Kedekatannya dengan para member sering diunggah pada akun media sosialnya, bahkan Lay masih ikut merayakan hari anniversary EXO-L pada 7 Agustus lalu. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar