Ragam

Gembili, Umbi Unik Yang Mudah Ditanam Dan Kaya Manfaat

(Foto: Eka Sariwati, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Umbi-umbian pernah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, bahkan sejak masa kerajaan. Nasi pun belum lama menjadi makanan pokok bagi masyarakat di semua kalangan. Mungkin baru sejak tahun 2000 an ke atas. Utamanya bagi masyarakat desa.

Bahkan, kampanye menjadikan umbi-umbian sebagai makanan pokok selain nasi pun terus digalakkan pemerintah melalui Tim Penggerak PKK yang tersebar di seluruh desa di Indonesia.

Umbi-umbian sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat, bukan hanya sebagai asupan karbohidrat. Salah satunya umbi gembili, yang mungkin tidak banyak orang tau. Gembili di zaman sekarang memang sulit ditemukan. Tetapi, di pedesaan masih banyak oang yang menanam jenis umbi ini.

Gembili memiliki jangka waktu panen yang relatif lebih lama dari pada umbi-umbian lain pada umunya, yaitu sekitar 7-9 bulan sekali. Itulah salah satu sebab gembili terbatas ketersediaannya di pasar. Umbi gembili memiliki ciri khas rasa yang sedikit pahit, tetapi rasa pahit ini tidak sebanding dengan khasiat di dalam jenis umbi ini.

Berikut beberapa Manfaat umbi gembili bagi Kesehatan, simak selengkapnya!

1. Menyehatkan mata

Manfaat dari umbi gembili yang pertama adalah menyehatkan mata. Kandungan vitamin A pada umbi gembili dapat bermanfaat untuk menyehatkan mata.

2. Melancarkan pencernaan

Seperti umbi-imbian pada umumnya, umbi gembili memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh karena itu umbi gembili sangat baik dikonsumsi dan baik untuk pencernaan.

3. Mengandung zat glukomanan

Zat glukoma yang menyatu dengan protein terkandung Di dalam umbi. Dengan zat ini dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga umbi gembili kerap di jadikan obat bagi penderita kolesterol. Selain mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, umbi gembili dapat menetralkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Melundungi tubuh dari penyakit akibat pola makan

Serat umbu gembili yang cukup tinggi dapat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit yang di akibatkan oleh penyakit pola makan yang tidak baik diantaranya penyakit jantung, kanker usus, diabetes mellitus, dan obesitas.

5. Dijadikan bahan pembuat mie yang sehat

Umbi gembili tidak seperti umbi-umbi pada umumnya yang hanya dapat di rebut, tetapi umbi gembili juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan mie. Selain mudah ditanam gembili umbi juga mudah di tanam di pekarangan rumah. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar