Iklan Banner Sukun
Ragam

Garda Pangan: Selamatkan Makanan Sisa untuk Didonasikan

Seorang anak penerima donasi makanan dari Garda Pangan. (Sumber foto : Instagram/gardapangan)

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia menjadi negara kedua yang memproduksi sampah makanan terbesar di dunia, setelah Arab Saudi.

Sementara itu, peringkat ketiga diduduki oleh Amerika Serikat. Jika dilihat melalui perhitungan statistik, Indonesia menyumbang 23-48 ton limbah makanan pertahun. Dengan setiap orangnya menghasilkan rata-rata sampah makanan 115-185 kg per tahunnya.

Hal itu makin miris, jika melihat bahwa angka indeks kelaparan di Indonesia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Laos. Permasalahan ini coba diatasi dengan gerakan kecil oleh Garda Pangan. Sebuah komunitas di Surabaya yang mengumpulkan makanan berlebih dari Restoran, katering, bakery, hotel, lahan pertanian hingga even pernikahan.

Mereka melakukan penyortiran makanan yang dikumpulkan lalu membagikannya ke masyarakat pra sejahtera di Surabaya. Ini adalah sebuah gerakan penyelamatan surplus makanan yang dihasilkan oleh industri yang berpotensi menjadi limbah makanan.

Garda makanan telah berdiri sejak tahun 2017 dan bermitra dengan berbagai restoran serta hotel. Mereka bekerja dengan cara menjemput makanan berlebih yang tidak terjual oleh mitra. Tenang saja, meski ini tergolong makanan sisa, Garda Pangan menggunakan SOP (Standard Operating Procedure) yang ketat dan memastikan makanan ditangani secara higienis dan disampaikan dengan cara bermartabat.

Beberapa waktu lalu, Garda Pangan merayakan hari jadinya pada Juni 2022. Sejak berdiri hingga Juni 2022, setidaknya mereka telah menyelamatkan 107 ton potensi limbah makanan dan di tiap bulannya mereka bisa membagikan sekitar 3 ribu lebih porsi makanan.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa ikut andil dalam program penyelamatan surplus makanan agar dapat didonasikan ke mereka yang membutuhkan? Kamu bisa jadi mitra dari Garda Pangan Surabaya, caranya terbilang mudah. Pertama, hubungi arahubung mereka melalui laman gardapangan.org , jika kamu memiliki surplus makanan yang masih layak untuk dikonsumsi.

Kalian bisa menginformasikan jenis dan jumlah makanan yang akan didonasikan serta jadwal penjemputan donasi. Lalu, Garda Pangan akan menjemput donasi makanan yang anda berikan dan akan melakukan penyortiran sebelum disalurkan kepada masyarakat pra sejahtera di Surabaya.

Tenang, kamu juga akan mendapat laporan mengenai lokasi pendistribusian makanan yang sudah anda salurkan. Hal itu sebagai bentuk dari pertanggungjawaban mereka kepada donatur. (Jhn/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar