Iklan Banner Sukun
Ragam

Galangan Kapal Damen Asal Rumania Ciptakan Kapal Ferry Listrik Pertama

(Foto: Onur Binary, unsplash)

Surabaya (beritjatim.com) – Teknologi trnasportasi berbasis listrik terus mengalami perkembangan. Setelah munculnya berbagai merek mobil listrik, kali ini Galangan Kapal Damen (Damen Shipyards Galati) meluncurkan dua kapal ferry listrik buatan mereka.

Galangan kapal yang beroprasi di Galati, Rumania ini meluncurkan dua kapal listrik Amhert Islander dan Wolfe Islmander. Kapal-kapal ini diklaim bisa beroprasi dengan menggunakan tenaga listrik sepenuhnya. Sehingga, menghasilkan emisi sampai nol persen. Dua kapal ini saat ini sedang dalam perjalanan menuju ke Danau Ontario, Kanada, Amerika Utara.

Beberapa produk seperti Amherst Islander II 223-ft (68 m) dan Wolfe Islander IV 321-ft (98 m) telah dimuat di kapal pengangkut Super Servant 4. Harapannya mereka akan tiba di tujuan dalam waktu dekat. Perpindahan ini merupakan perintah dari Kementerian Transportasi Ontario. Tujuan mereka melakukan ini untuk membantu mengurangi emisi setara dengan 15,4 juta pon (7 juta kg) karbon dioksida per tahun.

Fakta Mengenai Amherst Islander dan Wolfe Islander

Amherst Islander II merupakan kapal yang lebih kecil dengan panjang sekitar 230 kaki (70 m). Kapal ini menampilkan kapasitas muat hingga 42 mobil dan 300 penumpang. Sedangkan Wolfe Islander lebih besar dengan ukuran hampir 330 kaki (100m).Dia bisa memuat kapasitas 83 mobil dan 399 penumpang. Jika dilihat dari kecepatan maksimum, mereka mencapai 12 knot.

Kapal yang direncanakan beroperasi di Kanada memang cocok untuk kondisi musim dingin. Kualitasnya mampu mampu beroperasi penuh pada -25 derajat Celcius. Selain itu, Mereka menampilkan lambung kelas Es 1B dan pendorong azimuth kelas Es 1A.

Walaupun, mereka dapat beroperasi dalam mode full-electric, tapi kedua kapal ini miliki generator diesel kembar yang dipasang sehingga memungkinkan propulsi hybrid dan diesel penuh dalam redundansi maksimum.

Amherst Islander II dan Wolfe Islander IV hadir sebagai wakil dalam penyelesaian tahap pertama dalam proyek dua fase. Sedangkan langkah lain yang dilakukan Damen adalah bekerja sama dengan pemerintah Ontario untuk memasang fasilitas sehingga memungkinkan kapal menggunakan daya pantai yang dipasok melalui sistem pengisian dan tambat pantai terintegrasi. Melalui solusi ini, kapal-kapal dapat mengisi ulang baterai mereka di antara penyeberangan pendek ke/dari pulau-pulau, saat sedang memuat atau membongkar. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar