Ragam

Film Bertema Laut Yang Menegangkan Selain Titanic

(Foto: Gambler 94, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pose Rose merentangkan tangan di ujung kapal dengan Jack memeluknya dari belakang, masih jadi salah satu momen yang terus abadi di ingatan kita tentang Titanic. Mungkin juga adegan ketika Jack melukis Rose dalam kondisi tanpa busana. Meski kebenaran atas klaim bahwa Titanic adalah kapal terbesar ketika itu, sudah banyak dibantah. Titanic tetaplah film fenomenal.

Dan film tetaplah film. Ia bisa mengambil setting sejarah, tetapi tetap bebas untuk memasukkan berbagai imajinasi dan narasi dramatis. Dan Titanic sukses menjadi film bertema laut yang paling menegangkan sepanjang sejarah dunia. Dengan tema menceritakan kembali peristiwa besar yang nyata pernah terjadi. Namun, selain Titanic sebenarnya ada banyak film lain yang bertema laut yang cukup menegangkan juga, berikut beberapa di antaranya:

Poseidon

Poseidon merupakan film yang bercerita bagaimana para penumpang dan awak kapal RSM Poseidon mencoba survive di tengah ganasnya lautan. Mereka harus bertahan meski kapal mewah yang di tumpanginya harus terombang-ambing hingga membuat kapal tersebut terbalik. Perjuangan untuk menyelamatkan diri begitu tampak menegangkan bahkan hanya beberapa yang kemudian dapat selamat dari kejadian tersebut, salah satunya ialah Dylan Johns yang diperankan oleh Josh Lucas.

Captain Phillips

Berbeda dengan Poseidon, film Captain Phillips yang diperankan oleh Tom Hanks ini menceritakan sebuah pembajakkan kapal MV Maersk Alabama yang dilakukan oleh perompak Somalia. Film yang dirilis pada tahun 2013 ini diambil dari sebuah kisah nyata, di mana Richard Phillips harus mempertahankan kapal dan keselamatan awak kapalnya. Meski sudah melakukan pengetatan penjagaan, namun tetap saja pembajakkan itu tak terelakkan.

Deepwater Horizon

Deeper Horizon merupakan nama dari tempat pengeboran minyak yang dilakukan di Teluk Meksiko. Film yang diangkat dari kisah nyata pada tahun 2010 ini menceritakan mengenai bagaimana proses pengboran yang dipimpin oleh Mike Wiliams (Mark Wahlberg) mengalami kendala hingga terjadi ledakan hebat. Akibat ledakan dahsyat tersebut banyak pekerja yang tewas.

In The Heart of The Sea

Dalam film yang dirilis pada 2015 ini, Chris Hemsworth berperan sebagai Owen Chase yakni seorang pemburu paus. Selain Owen, Thomas Nickerson yang merupakan anak remaja yang kali pertama turut berlayar memburu paus ini, harus mengalami kejadian-kejadian tak terlupakan. Di tengah pemburuan tersebut, kapal Essex yang mereka tumpangi hancur dan membuat Owen, Nickerson, dan lainnya harus bertahan hidup karena terombang ambing di laut lepas hingga harus survive dari serangan paus raksasa. (fyi/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar