Iklan Banner Sukun
Ragam

Fenomena Sadness Paradox, Mendengar Lagu Sedih yang Justru Bikin Nagih

Ilustrasi mendengarkan lagu sedih. (Sumber foto: midly useful, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Anda mungkin suka mendengarkan lagu sedih dan bahkan punya playlist lagu-lagu patah. Lagu sedih memang punya daya tarik tersendiri. Meski Anda tidak sedang galau, rasanya ingin saja mendengar lagu sedih.

Sadness Paradox adalah kondisi saat Anda merasa nikmat dengan lagu sedih. Anda mendapat kesenangan dari dengerin lagu sedih.

Fenomena ini kadang bisa membuat seseorang menangis tiba-tiba hingga merasa lebih tenang. Saat menangis, tubuh menghasilkan hormon yang prolaktin, yang bisa membuat Anda lebih tenang. Sadness Paradox juga bisa membuat Anda merasakan nostalgia.

Lalu pertanyaannya, hal apa yang bisa membuat perasaan mudah berubah saat mendengar lagu? Walau tidak ada satupun area di otak yang bertanggung jawab untuk memproses musik, hasil scan menunjukkan ada banyak area dan jaringan saraf di otak yang aktif saat seseorang mendengar musik.

Area yang aktif ini berkaitan dengan ingatan dan emosi. Sehingga bisa dikatakan jika musik merupakan cerminan keadaan. Inilah alasan kenapa saat sedang sedih, Anda lebih memilih untuk mendengarkan lagu sedih daripada lagu ceria, karena lagu itu mencerminkan keadaan emosional Anda.

Bukan karena Anda ingin sedih terus menerus tentunya, tapi karena ada keterkaitan dengan hal yang telah dialami. Sedih sebenarnya tidak selalu berarti hal buruk. Lagu sedih bukan tanda kelemahan.

Bahkan, beberapa penelitian oleh psikolog menyatakan jika musik sedih justru menunjukkan orang yang cenderung punya empati tinggi. Seseorang dengan tingkat empati tinggi cenderung tertarik dengan musik sedih.

Orang yang punya empati tinggi menganggap jika lagu sedih lebih indah dari segi kualitas dan estetika. Dari penelitian itu menjadi bukti jika sadness paradox itu benar terjadi.

Lagu favorit seseorang tidak selalu berkaitan dengan emosinya. Bisa jadi lagu favorit menjadi pilihan karena punya alasan tertentu. Begitu juga dengan lagu sedih, tidak melulu orang yang mendengarnya sedang sedih. Sebab lagu sedih punya beragam pemaknaan.

Selain didengarkan karena seseorang baru putus cinta, atau mengalami kesedihan mendalam. Lagu sedih bisa dimaknai bagi seseorang yang sedang berempati. Lagu sedih pun didengar oleh mereka yang hendak nostalgia. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar