Iklan Banner Sukun
Ragam

Fakta Unik yang Jarang Diketahui dari Brand Samsung, Apakah Pantas Harganya Mahal?

(Sumber foto: Babak, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Brand Samsung bisa dibilang memiliki sejarah yang cukup unik. Sejarah bermula pada kurun waktu tahun 1938. Ketika pertama kali dibangun oleh Lee Byung-chul, Samsung merupakan perusahaan yang bekerja di bidang pembuatan produk lokal dan juga mie.

Lalu, seiring waktu berjalan, Samsung mulai menemukan jati diri mereka di bidang lain. Samsung mulai bertemu dengan bidang lain yang jauh lebih luas dan besar.

Kini, Samsung telah menjadi perusahaan elektronik paling disegani di seluruh dunia, dengan perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, serta inovasi menarik yang jumlahnya tak terhitung.

Berikut ini fakta menarik yang perlu diketahui banyak orang terkait brand Samsung.

1. Smartphone terlaris Samsung adalah Galaxy S4

Smartphone Samsung terlaris secara keseluruhan di antara smartphone lain selama produksi yaitu Galaxy S4, dengan total penjualan mencapai 80 juta unit dan dinobatkan sebagai smartphone berbasis Android terlaris sepanjang masa.

Pada urutan kedua ada iPhone 6 dan 6 Plus milik Apple serta diurutan ketiga ada Nokia 5230 berbasis Symbian saat belum tergeser oleh smartphone android.

2. Ponsel CDMA Pertama

Samsung SCH-100 dirilis kembali di tahun 1996, menjadikan ponsel pertama yang menerapkan teknologi CDMA. Ini juga menjadi standar yang banyak dilihat sebagai opsi lain dari GSM. Ponsel CDMA pada kala itu dianggap teknologi super canggih seperti era 5G saat ini.

3. Produsen Smartphone Dengan Biaya Riset Tertinggi

Samsung adalah produsen smartphone dengan biaya riset tertinggi jika dibandingkan dengan perusahaan teknologi lain. Untuk riset saja, brand Samsung harus rela menggelontorkan biaya mencapai US$14,1 miliar dibanding Google yang hanya mengeluarkan biaya US$9,8 miliar dan Apple US$6 miliar.

4. Lebih Dahulu Masuk Ke Ranah Smartphone

Samsung mungkin bukan yang pertama dalam membuat smartphone, namun perusahaan dari Korea itu jadi yang paling agresif dalam masuk ke ranah ponsel pintar lewat produk SPH-1300 yang dirilis tahun 2001 dan mirip dengan desain PDA. Ponsel ini berjalan pada Palm OS juga dibekali fitur melakukan panggilan.

5. Ponsel jadul terlaris

Ponsel Terlaris Samsung adalah E1100 Ponsel terlaris yang pernah diproduksi Samsung tidak hadir dari sektor smartphone atau ponsel pintar, melainkan dari ponsel jadul.

Terhitung sejak dihentikan proses produksinya pada tahun 2012, E1100 dilaporkan telah terjual sebanyak 150 juta unit. Ponsel itu juga menduduki peringkat 8 dalam ponsel terlaris sepanjang masa.

Itulah fakta unik dari brand elektronik Samsung yang jarang diketahui, apakah itu sebabnya Samsung mahal? (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar