Iklan Banner Sukun
Ragam

Fakta Unik Seputar Wifi yang Menarik untuk Diketahui, di Antaranya Jadi Produk Gagal

Ilustrasi wifi yang sekarang sudah menjadi kebutuhan. (Sumber foto: Misha Feshcha, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat ini, Anda pasti tidak asing lagi mendengar istilah WiFi. Wireless Fidelity merupakan sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang dapat dipakai untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang cepat.

Mengutip dari kanal Verizon, WiFi juga diartika sebagai perangkat koneksi internet yang digunakan bersama oleh beberapa perangkat, seperti laptop, HP, dan tablet melalui router WiFi. Router WiFi ini punya fungsi untuk menyalurkan sinyal WiFi pada beberapa perangkat.

Meskipun sudah dikenal secara luas oleh masyarakat, ternyata masih ada fakta tersembunyi yang unik dan menarik untuk kita ketahui. Apa sajakan itu, berikut ulasannya.

Pertama, router WiFi yang ideal dapat menyuplai sinyal WiFi maksimal untuk 250 perangkat, seperti laptop, HP, tablet, dan lain sebagainya. Namun ini belum umum di Indonesia, karena sinyal WiFi di Indonesia belum cukup ideal.

Kedua, cara untuk atasi sinyal WiFi melemah adalah dengan mematikan TV, microwave, printer, dan HP. Jika keadaan di sekitar Anda atau di rumah Anda sedang gangguan sinyal wifi, coba lakukan langkah itu. Dengan langkah ini makan sinyal Wi-Fi pun akan semakin membaik.

Ketiga, mulanya WiFi bukan berarti Wireless Fidelity, tetapi hanya sebagai nama pengganti untuk IEEE 802.11 yang merupakan standar Local Area Network (LAN) nirkabel. Dengan beberapa proses yang terjadi akhirnya WiFi berarti Wireless Fidelity

Ketempat, jika Anda pernah berpikiran apakah WiFi dapat digunakan orang yang berada di luar angkasa. Jawabannya adalah bisa! WiFi dapat digunakan di luar angkasa yang hampa udara karena sinyal WiFi termasuk gelombang elektromagnetik.

Kelima, WiFi tercipta melalui eksperimen gagal berupa pendeteksian black hole seukuran atom dari penelitian jaringan komputer yang tanpa kabel. WiFi tidak semena-mena sengaja diciptakan, tapi bermula dari ketidaksengajaan.

Keenam, Liechtenstein adalah negara dengan WiFi tercepat di dunia per 2021. Diketahui bahwa rata-rata kecepatan WiFi di negara itu adalah 229,98 Mbps.

Itulah beberapa fakta menarik dan unik dari WiFi yang mungkin sudah sering Anda gunakan saat ini. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar