Ragam

Fakta Unik Sebright, Ayam Dengan Bulu Seperti Gambar Pensil

(Foto: Dim Hou, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Ayam memang hewan yang unik. Ia mudah dipelihara, bahkan banyak yang menjadikan ayam sebagai peliharaan kesayangan. Di sisi lain, ia juga hewan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Menyenangkan dipelihara, juga enak dimakan. Tapi jangan sekali-kali kalian makan ayam kesayangan tetangga. Anda bisa kena marah besar.

Salah satu ayam yang secara tapilan saja sudah unik adalah ayam sebright. Ia merupakan jenis ayam hias populer yang bulu-bulunya mirip seperti gambaran pensil di kertas putih. Sebenarnya ada dua jenis ayam sebright yakni bulu perak dan emas. Namun yang berbulu perak terlihat nyata seperti gambaran pensil. Berikut ini fakta uniknya:

Asal mula

Sama seperti namanya, ayam ini diciptakan pertama kali oleh Sir John Saunders Sebright dari Inggris pada awal tahun 1800-an. Melansir dari Chiken Journal, Sabtu (11/9/2021) saat itu, John Saunders mencoba mengembangkan jenis ayam untuk dipamerkan, dan hasilnya adalah unggas Sebright yang cantik ini. Seperti dilansir Odditycentral, John Saunders yang berprofersi sebagai peternak ayam itu mengkawin silangkan ayam jenis bantan nankin dengan ayam kecil ras hamburgh yang memiliki bulu berkilau seperti emas.

Ada dua jenis

American Bantam Association melaporkan ayam sebright memiliki dua jenis yakni yang berbulu emas dan perak. Keduanya memiliki bulu yang dicampur dengan warna hitam di tepinya. Namun varian perak lebih unik karena terlihat digambar dengan pensil di atas kertas putih.

Seperti hewan peliharaan

Ayam sebright memiliki sifat ramah dan jinak. Mereka suka bermain dengan pemilik dan anak-anak mereka. Bahkan, sebright suka pergi ke mana pun Anda membawanya. Anda dapat memilihnya sebagai ayam peliharaan kecil. Sebright bertindak seperti anjing ketika Anda pergi ke kantor, mereka akan mengejar mobil Anda, dan ketika Anda kembali, mereka akan berlari ke arah Anda. Karena sifatnya yang gampang akrab ini, mereka akan langsung jinak jika diberi makan rutin.

Dapat bertelur

Walaupun bukan ayam petelur, sebright dapat menghasilakan sekitar 60 hingga 80 butir telur per tahunnya. Telur ayam ini berukuran kecil berwarna putih dengan berat sekitar 30-35 gram. Mengingat kapasitas bertelur Sebrights yang jauh lebih kecil, tidak disarankan untuk bisnis produksi telur. Namun jika Anda memiliki sedikit ayam sebrights, cobalah untuk mengumpulkan telurnya dan gunakan inkubator yang sangat baik untuk menetaskannya. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar