Iklan Banner Sukun
Ragam

Fakta Unik dan Menarik Fenomena Manusia Silver

(Foto: Jen Theodore, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Manusia silver bukanlah fenomena baru di Indonesia. Namun, fenomena ini kembali hadir dan bahkan ramai menghiasi lini masa media sosial, juga sering ditemukan di berbagai tempat-tempat umum.

Mereka adalah orang-orang yang mewarnai sekujur tubuhnya dengan cat berwarna silver atau abu-abu mengkilat. Pelakunya pun makin beragam mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Awal kemunculan dari manusia silver menjadi sesuatu yang berbeda dengan sekarang. Sebenarnya, manusia dilakukan untuk menarik perhatian publik dalam ajang penggalangan dana. Namun, kebanyakan orang sudah menjadikan manusia silver sebagai mata pencaharian di berbagai temapt umum seperti lampu merah.

Warna Silver Yang Terbuat dari Racikan cat sablon dan minyak tanah

Jika dilihat dari rasionya adalah 50:50. Namun, supaya lebih aman, mereka bisa menggunakan minyak goreng sebagai campuran cat, tapi warna perak akan lebih gelap dan tidak mengkilap racikan cat dengan minyak tanah. Campuran cat silver akan cepat luntur ketika terpapar sinar matahari di siang hari yang terik sehingga manusia silver perlu mengoleskan cat berkali-kali.

Cara Membersihkan Tubuh dengan sabun cuci piring

Campuran cat sablon dan minyak tanah sangat sulit hilang, maka para manusia silver harus membilas badan dengan sabun cuci piring atau detergen. Cairan detergen mereka oleskan ke seluruh badan seperti memakai sabun mandi.

Namun, setelah cat terhapus, mereka baru mandi seperti biasa. Supaya lebih mudah menghapus cat dari tubuh, maka mereka menggosok tubuhnya dengan plastik lebih dulu.

Modal dan Pendapatan

Pendapatan manusia silver berbeda-beda setiap harinya. Namun, biasanya uang yang dihasilkan tergantung dengan acara maupun tempat dimana manusia silver itu beraksi. Rata- rata besar pendapatan manusia silver berkisar antara Rp 40 ribu sampai Rp 100 ribu per harinya. Sedangkan untuk modalnya, manusia silver perlu mengeluarkan Rp 30 ribu untuk membeli perlengkapan cat dan minyak tanah.

Mengalami Tubuh Sering Gatal-gatal

Dampak dari campuran cat sablon dan minyak tanah yang mengandung zat-zat kimia yang berbahaya untuk kulit. Maka dari itu, racikan cat membuat para manusia silver merasa gatal-gatal di sekujur tubuh. Apalagi, sabun cuci piring yang mereka pakai untuk membilas badan akan membuat kulit manusia silver menjadi iritasi. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar