Iklan Banner Sukun
Ragam

Fakta Tentang Kuntilanak yang Harus Kamu Tahu

(foto : Oskar Smethurst, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia memiliki tradisi panjang dalam mempercayai hal-hal mistis. Banyak orang percaya dengan hantu, roh, dan setan. Suster ngesot, babi ngepet, genderuwo, tuyul, pocong, leak, kalong wewe, jelangkung, jenglot, dan kuntilanak adalah beberapa contoh hantu populer di Indonesia.

Salah satu yang paling populer adalah kuntilanak atau sundel bolong. Kuntilanak sering digambarkan sebagai setan yang menyerupai vampir. Kuntilanak juga dikenal sebagai pontianak atau puntianak di Malaysia, yang merupakan singkatan dari “perempuan mati beranak.”

Berikut ini adalah fakta-fakta yang harus kamu ketahui tentang Kuntilanak:


Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak

Menurut legenda, sultan pertama Pontianak, Syarif Abdurrahman Alkadrie (1771-1808), dihantui oleh Kuntilanak yang pendendam. Kesultanan Pontianak sendiri merupakan kerajaan yang dibangun di atas rawa-rawa yang ada di sekitar garis pantai barat dari Kalimantan. Sultan Pontianak tersebut mengabaikan nasihat dari orang-orang Dayak yang memperingatkannya untuk tidak membangun kerajaan di tempat tersebut, namun ia mengabaikannya dan menjadi korban dari Kuntilanak.

Wujud Kuntilanak

Kuntilanak biasa digambarkan dengan rambut panjang hitam legam yang menutupi wajahnya, kuku yang tajam, dan gaun putih longgar. Akan tetapi, itu adalah wujudnya ketika paku dicabut dari balik kepalanya. Jika paku belum dicabut dari balik kepalanya, ia berwujud seperti wanita cantik pada umumnya. Banyak orang bilang bahwa kemunculannya sering diiringi dengan bau bunga kamboja. Terkadang, ia juga memiliki lubang di punggungnya, yang membuatnya juga dijuluki sebagai Sundel Bolong.

Membalas Dendam pada Pria

Kuntilanak tidak selalu menyeramkan. Ia juga bisa terlihat cantik dan menarik ketika ingin menggoda para pria. Legenda mengatakan bahwa Kuntilanak hamil setelah diperkosa oleh seorang tuan tanah. Tuan tanah tersebut kemudian menyalahkan Kuntilanak atas kehamilannya dan warga desa yang marah kemudian menguburnya hidup-hidup. Kuntilanak menggoda dan menjebak pria sebelum ia memakan alat kelamin mereka.

Menghantui Wanita Hamil

Mitos lain tentang Kuntilanak adalah bahwa Kuntilanak senang mencuri bayi dari perut wanita-wanita hamil, sebuah pembalasan dendam karena tidak pernah memiliki bayinya sendiri. Orang-orang percaya bahwa ibu hamil harus menyimpan benda-benda tajam di bawah tempat tidur mereka untuk menakut-nakuti Kuntilanak. [dwp/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar