Iklan Banner Sukun
Ragam

Fakta Tanaman Serai Bisa Mengusir Nyamuk?

(Foto: Chuttersnap, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Serai merupakan tanaman herba tinggi yang banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis di Asia, Afrika, dan Australia. Cina dan India menyumbang produksi maksimum Serai, dengan produksi tahunan setidaknya dua juta pound. Jika Anda suka menggunakan serai dalam sup dan makanan laut, Anda pasati sudah akrab bagaimana bentuk dan tampilannya.

Mengingat rasanya yang luar biasa, Anda mungkin bahkan mempertimbangkan kemungkinan menanamnya di rumah. Nah, kabar baik! Serai dapat ditanam di rumah dan perannya tidak terbatas sebagai ramuan. Faktanya, serai selalu dapat berfungsi ganda sebagai pengusir nyamuk, pengusir cicak, pengusir lebah, dan banyak peran serupa lainnya.

Apakah Serai Bisa Mengusir Nyamuk?

Ya. Tanaman serai dikenal sebagai pengusir nyamuk yang sangat baik. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, sekitar 95% nyamuk dari berbagai spesies tertentu terbunuh atau benar-benar diusir karena bau minyak serai yang menyengat.

Umumnya dikenal sebagai minyak sereh, efek minyak esensial dari serai diketahui bertahan selama sekitar dua setengah jam. Untuk beberapa spesies nyamuk, bahkan lebih. Mengingat manfaat yang telah terbukti ini, serai telah disebut-sebut sebagai salah satu tanaman terbaik untuk mengusir dampak dari dan dari nyamuk.

Yang mengatakan, jika Anda mempertimbangkan kemungkinan menggunakan minyak serai, kami akan menyarankan Anda untuk melakukannya hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Itu karena minyak serai dikenal sebagai iritasi kulit bagi beberapa individu.

Citronella, atau minyak esensial dari serai terdaftar FDA. Ini juga merupakan pengusir nyamuk alami yang paling populer digunakan yang tersedia berlimpah dalam lotion nyamuk, semprotan pengusir nyamuk dan lilin. Jika Anda ingin mengusir nyamuk dengan aroma serai yang kuat, pertimbangkan untuk menanam ramuan ini di sepanjang teras, jalan setapak, atau lokasi lain yang dekat dengan area tempat duduk.

Tanam rumput ini di pot besar yang bisa dipindahkan dari waktu ke waktu untuk mengendalikan hama dan mengusir nyamuk. Mereka bekerja sebagai penyaring nyamuk yang sangat baik dan memiliki bau yang menyegarkan. [rad/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar