Iklan Banner Sukun
Ragam

Fakta Mengenai Phobia, Disebabkan Oleh Keluarga?

(Foto: Mart Productions, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sering kali kita mendengar kata phobia namun, phobia itu sendiri adalah bentuk perasaan takut berlebihan seseorang terhadap suatu hal yang tidak masuk akal, baik itu berbentuk objek maupun situasi. Phobia situasi ini sebenarnya bagi sebagian orang menilai tidak menimbulkan bahaya apapun.

Phobia seringkali berkaitan dengan sesuatu yang spesifik seperti misalnya anda gugup saat ingin berbicara atau tampil di depan publik, atau misal anda bisa phobia dengan hal-hal seperti takut terhadap nasi. Namun, bagi seseorang yang mengalami phobia tidak rasional, bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan seseorang yang mengidapnya. hingga saat ini belum banyak yang mengetahui apa faktor sebenarnya yang dapat menyebabkan phobia, apakah dari faktor keturunan atau koneksi keluarga.

Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa Faktor keturunan, lingkungan, dan budaya ternyata juga turut mempengaruhi timbulnya phobia itu sendiri. Hingga saat ini banyak sekali macam-macam phobia, bahkan hingga ratusan.

Berbeda dengan buku diagnostik and Statistical manual of mental disorder IV, menyebutkan bahwa phobia merupakan bagian dari 2 jenis phobia. pertama adalah phobia sosial dimana seseorang mengalami ketakutan pada situasi sosial, atau dia merasa diamati oleh orang lain dan merasa berhubungan dengan kehadiran orang asing. kedua ialah phobia spesifik yang berarti seseorang mengalami ketakutan pada diri sendiri yang merasa tidak dinginkan kehadirannya atau merasa asing dilingkungan tertentu.

Adapun phobia dibagi menjadi 5 golongan. Yaitu tipe phobia terhadap binatang, phobia lingkungan alam, phobia terhadap darah, phobia situasional, Dan phobia tipe lainnya.

Faktor Phobia lainnya juga dipengaruhi karena peristiwa traumatis dimasa kecil, dan dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab terjadinya phobia tersebut. secara umum phobia ini disebabkan karena seseorang pernah mengalami ketakutan yang hebat lalu disertai perasaan malu atau bersalah yang semuanya ditekan ke dalam alam bawah sadar.

Menurut beberapa sumber, Phobia ini lebih sering dipengaruhi oleh budaya dan faktor terbesar phobia berasal dari sejarah keluarga. Seseorang dengan sejarah keluarganya memiliki riwayat menjadi penderita phobia kemungkinan besar menular ke keturunannya, dibandingkan dengan seseorang yang anggota keluarganya tidak ada riwayat memiliki phobia. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar